Sukses

Detik Detik Jasad Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan hingga Keluar Hasil Identifikasi dari Kepolisian Swiss

Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Ridwan Kamil ditemukan meninggal dunia di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Ridwan Kamil ditemukan meninggal dunia di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi. Eril sebelumnya tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, menerangkan, kepolisian setempat mengonfirmasi jasad yang ditemukan pada sekitar 6.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 WIB sebagai Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Hal ini sesuai hasil identifikasi dan penelusuran DNA kepolisian setempat.

"Benar ananda Eril pada hari Kamis 9 juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Hal ini sudah disampaikan official polisi Bern melalui rilis mereka pada 13.45 siang ini waktu Swiss," kata Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Muliaman menerangkan, kepolisian telah menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan untuk proses pengembalian jenazah ke Pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang memutuskan serah-terima jenazah eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

Informasi terakhir, Pengadilan Kantor Bern telah memberikan izin kepada pihak keluarga menjemput jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

"Sekitar 2 jam lalu pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," ujar dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KBRI Fasilitasi Kepulangan Jasad Eril

KBRI siap memfasilitasi kepulangan jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dari Swiss menuju ke Indonesia. Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

"KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dan proses repatriasi Ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Muliaman Hadad menerangkan, KBRI Bern memastikan penghormatan Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam. Muliaman Hadad juga memastikan, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia, Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami mohon doa dan dukungan teman teman-sekalian agar seluruh proses persiapan kepulangan ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.