Sukses

Istri Ridwan Kamil Perlihatkan Lokasi Hilangnya Eril di Sungai Aare Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya telah pulang ke Indonesia usai ikut mencari anak mereka Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aare Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss sejak Kamis 26 Mei 2022 lalu belum kunjung membuahkan hasil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya kini telah pulang ke Indonesia usai ikut langsung dalam pencarian Eril di Sungai Aare, Swiss.

Ridwan Kamil bersama istri dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra (Zara) sudah tiba di Indonesia pada Jumat 3 Juni 2022. Mereka langsung menuju ke rumahnya di Bandung, Jawa Barat.

Sabtu pagi (4/6/2022) tadi, melalui akun media sosial (medsos) Instagram miliknya @ataliapr, Atalia memperlihatkan sebuah video lokasi hilangnya Eril.

"Lokasi sekitar TKP," tulis Atalia menyertai unggahan video di Instagram Story-nya, Sabtu (4/6/2022).

Selain itu, Atalia juga mengunggah video saat Ridwan Kamil tengah menyusuri pinggir Sungai Aare mencari putra mereka Eril hanya bermodalkan kayu. Dalam video itu diselipkan lagu haru Ayah yang dinyanyikan band Seventeen.

"Ini yang dilakukan ayahmu setiap hari, ril...," tulis Atalia menyertai videonya.

Video itu pun lantas dijadikan Highlight oleh Atalia.

Sebelumnya, dengan penuh keihlasan, baik Ridwan Kamil maupun istrinya Atalia Praratya memberikan pesan menyentuh serta menyayat hati bagi siapapun yang membacanya untuk Eril.

Melalui akun sosial media Instagram @ataliapr, Atalia membagikan potret dirinya tengah duduk di pinggir Sungai Aare bersama sang suami dan putrinya Zara.

Dalam unggahan tersebut, Atalia menyampaikan harapan dan doanya untuk sang buah hati Eril.

"Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya..

Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…," tulis Atalia dalam unggahan foto di laman Instagram-nya @ataliapr, dikutip Kamis 2 Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Haru Atalia Praratya

Pesan haru diungkapkan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, kepada sang putra Emmeril Kahn Mumtadz, yang masih dalam proses pencarian setelah sepekan menghilang di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss.

Terlihat dalam unggahannya di platform Instagram, Atalia membagikan potret dirinya tengah duduk di pinggir Sungai Aare bersama sang suami dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra (Zara).

Dalam unggahan itu, Atalia menyampaikan harapan dan doanya untuk sang buah hati.

"Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya..

Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…," tulis Atalia dalam unggahan foto di laman Instagram-nya @ataliapr, dikutip Kamis 2 Juni 2022.

Unggahan Atalia pun menunjukkan bentuk keikhlasan dalam menyikapi hilangnya putra yang kerap disapa Eril tersebut.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat.

Seperti yang pak walikota sampaikan,

“The city of Bern will forever be deeply connected to us…”

Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,

Atalia

Aare river, juni 2022," tutup Atalia.

 

3 dari 3 halaman

Doa Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga menganggap Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare. Keluarga pun memutuskan untuk pulang ke Tanah Air sembari terus menunggu hasil pencarian tim SAR pemerintah Swiss.

Jumat tengah malam 3 Juni 2022, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video dan puisi untuk melepas kepergian putra sulungnya di akun Twitternya @ridwankamil.

Video tersebut memperlihatkan sejumlah bunga, antara lain mawar putih, yang disematkan pada tali ungu di sebuah pohon. Tali itu juga mengikat tanda nama yang menjadi pengganti nisan Eril.

"In loving memory of Emmeril Kahn Mumtadz, Born 25 June '99 NYC, Passed 26 May '22 Bern," isi tulisan di penanda tersebut.

Video itu kemudian memperlihatkan indah sekaligus kuatnya arus Sungai Aare. Juga potret Ridwan Kamil dan sejumlah orang yang tengah salat gaib di tepi sungai tersebut.

Potretnya bersama istri Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra berada persis di tepi Sungai Aare melepaskan setangkai bunga mawar merah muda ke aliran sungai.

Bersama dengan video itu, Ridwan Kamil mengunggah puisi tentang keikhlasannya melepas sang buah hati di pelukan Sungai Aare.

"Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu," tulisnya.

"Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasadnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah pada kami, wahai Sungai Aare," lanjut dia.

Ridwan Kamil mengatakan ikhlas menerima kepergian Eril karena terseret arus usai berenang di sana. Dia pun meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan Eril selama hidup di dunia.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun, Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Ridwan Kamil di akun Twitternya.

Dia juga memberitahukan, keluarga akan melaksanakan doa bersama usai salat zuhir dan ashar pada hari ini, Sabtu (4/6/2022) di Gedung Pakuan Bandung.

"Kami sekelurga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Menurut dia, pencarian jenazah Eril akan terus dilakukan oleh pihak Swiss.

"Pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.