Sukses

AHY Nonton Langsung Formula E Jakarta: Ini Kebanggaan Kita Indonesia

Ketum Demokrat AHY menonton langsung balapan Formula E di JIEC, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Dia mengaku menjagokan Nyck de Vries menjuarai Formula E.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau  AHY menyaksikan langsung ajang balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

AHY berharap pelaksanaan balap mobil listrik Formula E di Jakarta ini berlangsung lancar.

"Ketika sukses, ini kebanggaan kita juga Jakarta, Indonesia jadi tuan rumah untuk Formula E," kata AHY kepada wartawan saat tiba di kawasan JIEC, Ancol, Jakarta.

AHY menerangkan, ajang balapan mobil listrik Formula E di Jakarta ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Asia Tenggara.

Putra sulung Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY iniberharap ajang Formula E bisa mempromosikan Indonesia dan memperkenalkan Jakarta pada dunia, sekaligus memberikan dampak baik pada perekonomian.

"Mudah-mudaan sukses membawa kebanggaan buat kita semua sekaligus buat ekonomi juga akan bergerak. Dampaknya seperti itu sekaligus makin menggeliatkan kegiatan Formula seperti ini di tanah air," ujar AHY.

Di ajang ini, AHY mengaku menjagokan Nyck de Vries untuk keluar sebagai juara Formula E.

"Saya support yang keturunan Indonesia itu Nyck de Vries. Mudah-mudahan menang. Tahun lalu menang kalau enggak salah ya," ujar orang nomor satu di Partai Demokrat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Persembahkan Formula E Jakarta untuk Ibu Pertiwi

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau penyelenggaraan Jakarta E-Prix beberapa jam sebelum balapan Formula E, Sabtu (4/6/2022). Dalam kesempatan tersebut, Anies bahkan berkesempatan menjajal safety car yang dikendarai oleh Bruno Correia.

“Alhamdulillah, ini sudah jam-jam menuju pelaksanaan Formula E. Insya Allah, semua sudah tertata dengan baik dan ikhtiar semua kita dikerjakan dengan maksimal, tinggal kita berdoa semua berjalan lancar,” kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

“Saya bertemu dengan beberapa pembalap, serta mencoba safety car untuk berkeliling sirkuit. Itu rasanya luar biasa,” lanjut Anies.

Anies mengungkapkan bahwa kesuksesan event Jakarta E-Prix sangat ditentukan oleh persiapan yang matang, detail, dan komprehensif.

“Ada tiga hal yang menjadi kunci, yaitu planning, planning dan planning, jadi bukan improvisasi di tengah jalan. Hal itu terbukti dari track yang tidak sampai 3 kilometer, tapi kabelnya sampai 65 kilometer, di balik yang sederhana, ada sophistic yang luar biasa,” kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan Jakarta E-Prix dipersembahkan untuk kebanggaan Ibu Pertiwi, Indonesia.

Menurut Anies Jakarta E-Prix juga sebagai salah satu bentuk kesiapan Jakarta untuk ambil bagian dalam mengantisipasi perubahan iklim dan menyelamatkan bumi serta lingkungan.

“Kami persembahkan Jakarta E-Prix untuk Ibu Pertiwi, di mana Jakarta siap menuju pada barisan kota besar dunia yang peduli lingkungan hidup,” jelasnya. 

Anies juga menegaskan bahwa Formula-E bukan sekadar balapan. Bagi dia, ajang balap Formula-E adalah respons Jakarta terhadap perubahan iklim dunia.

“Jakarta ikut dalam ikhtiar menyelamatkan bumi serta lingkungan sebagai tanggung jawab kita bersama,” ujar Anies. 

3 dari 4 halaman

Jokowi Akan Nonton Langsung Formula E Jakarta

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). 

"Insya Allah besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari siaran pers, Jumat (3/6/2022).

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Selain itu, Jokowi juga akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," kata Heru. 

4 dari 4 halaman

Disirakan di 150 Negara

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 besok.

Menurut Anies, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6/2022).

Namun, anies irit bicara saat ditanyai siapa saja tokoh-tokoh termasuk tokoh politik yang sudah memastikan hadir di ajang Formula E. Tapi dia tak menampik jika ada beberapa tokoh yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran saat laga Formula-E besok.

"Nanti akan dikompilasi karena siang ini sudah banyak konfirmasi. Tapi kalau disebutkan sekarang, padahal masih banyak yang belum konfirmasi, maka nanti tidak lengkap. Jadi nanti saja," kata Anies. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.