Sukses

Cuaca Saat Formula E Berlaga Diprediksi Hujan, Anies: Satu Kata, Tidak Ada Pawang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dalam gelaran Formula E pada Sabtu 4 Juni 2022 tidak akan menggunakan jasa pawang jika terjadi hujan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dalam gelaran Formula E pada Sabtu 4 Juni 2022 tidak akan menggunakan jasa pawang jika terjadi hujan.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara ngobrol santai dengan Co-Founder/Chief Championship Officer Operation Formula E, Alberto Longo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/6/2022).

"Satu kata, tidak ada pawang-pawangan," kata Anies.

Dia menegaskan, dalam helatan Formula E Jakarta, pihaknya sudah bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geografisika (BMKG) terkait perkembangan cuaca.

"Kita bekerja sama dengan BMKG untuk memonitor perkembangan cuaca. Bila terang kita syukuri, bila hujan kita syukuri. Semuanya adalah rahmat," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan era Jokowi ini menjelaskan, perubahan kondisi cuaca yang tidak menentu adalah suatu hal yang biasa untuk kita yang tinggal di khatulistiwa. Bahkan Anies menyebut para pembalap Formula E pun sudah mengetahui perihal tersebut.

"Kita tinggal di Khatulistiwa yang terbiasa dengan terang dan basah dan para pembalap sudah tahu mereka melakukan lomba balapan di tempat yang bisa terang bisa basah," kata dia.

Anies pun menyatakan, Pemprov DKI Jakarta selalu pada hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan dan data. Sehingga tak perlu menggunakan jasa pawang hujan.

"Kami DKI Jakarta selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data di dalam bekerja," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Mempersiapkan Skenario Terburuk

Sebelumnya, Formula E Operations (FEO) menyiapkan skenario dalam menghadapi cuaca buruk saat acara balapan Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022.

Principle HSE Consultant FEO, Richard Bates mengatakan, ada beberapa skenario yang disiapkan jika hujan deras atau ekstrem melanda kawasan sirkuit Ancol.

"Jadi dari balapan, perspektif akan mengikuti event director. Tetapi untuk keamanan publik, jika ada cuaca ekstem seperti (hujan) kita akan mengeluarkan semua orang dari grandstand," kata Richard dalam konferensi pers di Hotel Pullman, Jakarta, Minggu 29 Mei 2022. 

3 dari 3 halaman

Polisi Siapkan 1.778 Personel

Polda Metro Jaya bersiap mengawal jalannya ajang balap mobil listrik Formula E, yang akan dilaksanakan di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Ribuan Personel polisi ditugaskan untuk mengawal kelancaran event balapan tersebut. Selain itu, Polda Metro Jaya juga bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi.

"Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan. Kami sudah rapat koordinasi dengan panitia pengamanan dari Polda Metro Jaya kekutan personel 1.778," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Zulpan meminta masyarakat dapat menghindari lalu lintas di seputaran Ancol demi mengantisipasi kemacetan. Mengingat, panitia penyelenggara telah menyatakan bahwa tiket nonton Formula E Jakarta sudah terjual habis.

"Di sekitar Ancol saja (rekayasa lalu lintas)," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.