Sukses

Korban Longsor di RM Saung Tiga Depok Sempat Diperingatkan Pengunjung Lain

Liputan6.com, Jakarta - Korban tertimpa longsor turap tebing di Rumah Makan (RM) Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, pada Kamis (2/6/2022), sempat diperingatkan oleh saksi sebelum kejadian nahas itu menimpa.

Namun, bencana itu tidak terhindarkan. Longsor pun menelan dua korban jiwa atas nama Siti Mawarti (45) dan Sudana (55), serta satu korban luka bernama Dede Safaat (37).

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo, mengatakan, pada saat kejadian ketiga korban sedang makan di RM Saung Tiga Depok. Ketika itu para korban makan di di saung bernomor lima sedangkan saksi saung nomor enam.

"Saksi di saung nomor enam sudah mengingatkan para korban bahwa tebing di belakang akan longsor," ujar Denny kepada Liputan6.com, Kamis (2/6/2022).

Namun, korban yang mendapatkan peringatan saksi tetap berada di saung tersebut, hingga akhirnya mereka tertimpa turap tebing yang roboh. Akibatnya, korban Siti Mawarti dan Sudana meninggal dunia di tempat, karena mengalami luka pada bagian kepala. "Untuk korban luka yakni Dede Safaat sudah dibawa ke RSUD Kota Depok," kata Denny.

Denny mengungkapkan, Dede mengalami luka pada bagian lengan dan kaki. Pada bagian lengan atas korban mengalami luka robek sekitar 10 sentimeter dan tangan merasa sakit karena tertimpa longsor. "Luka sobek korban mendapatkan lima jahitan dari tim medis," ucapnya.

Korban meninggal dunia yakni Siti Mawarti bertempat tinggal di Kelurahan Beji dan Sudana di Kelurahan Mampang, diketahui merupakan guru sekolah dasar. Sementara korban luka yakni Dede Safaat merupakan warga Kelurahan Rangkepanjaya.

"Korban meninggal sudah dibawa ke rumah duka sedangkan korban luka mendapatkan perawatan di RSUD Kota Depok," ujar Denny.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan dua orang meninggal dunia usai tertimpa tebing bangunan di Kota Depok, Jawa Barat pada Kamis (2/6/2022).

 

2 dari 2 halaman

Tertimpa Tebing Bangunan

Kedua korban meninggal diketahui tengah makan di Rumah Makan Saung Tiga, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. "Di saung itu ada dua keluarga sedang makan dan terdapat tiga korban," jelas Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar kepada Liputan6, Kamis (2/6/2022).

Imran mengatakan, pada saat kejadian, terdapat dua keluarga sedang makan di RM Saung Tiga. Ketika itu, air kali yang berada di sebelah rumah makan membuat dua saung tertimpa tebing bangunan.

Dia menjelaskan, akibat tertimpa bangunan tebing, ada tiga orang yang menjadi korban. Dua orang meninggal dunia, sedangkan satu orang lainnya mengalami luka-luka. "Dua orang sudah dibawa keluarganya ke rumah masing-masing," ucap Imran.

Dia mengungkapkan, untuk satu orang mengalami luka ringan dan sudah dibawa ke rumah sakit. Polres Metro Depok masih melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kejadian.

"Korban meninggal mengalami luka pada bagian kepala karena tertimpa tebing turap," ujarnya.

Peristiwa tebing runtuh terjadi sekitar pukul 16.30 WIB saat hujan deras. Ketiga korban merupakan warga Kota Depok yang sedang singgah untuk makan bersama.