Sukses

Jokowi Belum Pasti Hadir di Formula E, Anies: Ini Bukan Event Politik, Semua Orang Akan Disambut

Anies Baswedan menyampaikan jika pihaknya telah mengirimkan undangan gelaran Formula E dan memastikan akan menyambut semua pihak, termasuk Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Hanya menghitung hari race Formula E, Jakarta yang akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara bakal digelar. Namun hingga kini Presiden Jokowi belum kunjung memberikan konfirmasi kehadiran.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan jika pihaknya telah mengirimkan undangan dan memastikan akan menyambut semua pihak, termasuk Presiden Jokowi apabila hadir.

"Semua orang akan disambut. dan semoga acara berjalan dengan lancar," kata Anies di Balai Kota, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022).

Terkait belum ada kejelasan hadirnya Presiden Jokowi dalam acara international ini, Anies pun meminta kepada seluruh pihak untuk tidak mengingatkan persoalan itu ke ranah isu politik.

"Ini bukan event politik, ini adalah event sport dan penyelenggaranya adalah Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Formula E. Saling berkolaborasi gitu aja," sebutnya.

"Jadi fenomenanya sama, tergantung kacamatanya (sudut pandang) berbeda, kacamata apa," tambah Anies.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Formula E, Jakarta, Ahmad Sahroni menyampaikan jika Presiden Joko Widodo belum terkonfirmasi akan menghadiri ajang balapan mobil listrik yang akan dihelat pada Sabtu, 4 Juni 2022 lusa.

"Presiden sih sampai kemarin belum (konfirmasi kehadiran)," kata Sahroni kepada wartawan, Rabu, 1 Juni 2022.

Namun, Sahroni mengatakan bila pihak kepolisian hingga pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tetap melakukan persiapan jika memang orang nomor satu di Indonesia itu akan menghadiri ajang tersebut.

'Tapi persiapan dari kepolisian dan Paspampres katanya kemarin sudah memeriksa tapi belum konfirmasi," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Parkir Khusus

Untuk diketahui jika pihak panitia telah menyiapkan tempat khusus bagi Presiden Jokowi apabila hadir di acara Formula E, Jakarta. Dimana hanya Jokowi yang diperbolehkan parkir di dalam Ancol saat race nanti.

"Kalau Presiden datang hanya kendaran presiden yang boleh parkir di dalam (Ancol). Semua kendaraan di JIS or JIEXPO kecuali presiden," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Selasa (31/5).

Sementara untuk para penonton lainnya termasuk pejabat, tamu undangan, bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan nantinya akan diarahkan parkir di Jakarta International Stadium (JIS) dan JIexpo Kemayoran.  

Kemudian akan disiapkan shuttle bus yang telah disiapkan untuk mengantar menuju ke lokasi, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

"Ancol hanya untuk para penonton Formula E sekaligus juga bisa menikmati wahana yang ada. Cuman semua Kendaran hanya bisa parkir di JIS n Jiexpo," ujarnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.