Sukses

Anies Tinjau Sirkuit Formula E Jakarta, Optimis Balapan Digelar Tepat Waktu

Anies Baswedan menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak karena telah menyiapkan sirkuit Formula E Jakarta dengan persiapan optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022). Dia pun mengatakan, tiga hari jelang pertandingan, sirkuit telah siap pakai.

"Kita bersyukur penjualan tiket sudah tuntas. Dan ada beberapa finalisasi yang sifatnya kosmetik, pengecetan, pemasangan stiker-stiker tapi semua yang sifatnya subtansi untuk terselenggaranya Jakarta E-Prix sudah siap," ujar Anies saat meninjau kesiapan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Anies Baswedan ditemani Chief Competition Officer Formula E Alberto Longo, Ketua Panitia Organizing Committee Formula E Ahmad Sahroni, dan pihak terkait.

Di hadapan mereka, Anies juga menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak karena telah menyiapkan sirkuit Formula E dengan persiapan optimal.

Melihat kesiapan itu, Anies juga mengaku optimistis perhelatan balap mobil listrik itu digelar tepat waktu. Selain itu, ia juga menyampaikan, seluruh pembalap Formula E telah tiba di Jakarta hari ini.

"Insyaallah beberapa hari ke depan semuanya akan tuntas. Para pembalap sore ini akan 100 persen tiba di Jakarta," pungkas Anies.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cuaca Saat Formula E Diperkirakan Hujan, Sahroni Siap Jadi Pawang

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni berharap Jakarta tak diguyur hujan saat gelaran balap mobil listrik Formula E pada Sabtu, 4 Juni 2022 berlangsung.

Dia menyebut, jika melihat prakiraan cuaca, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya berpotensi diguyur hujan. 

"Perkiraan cuaca ada hujannya, tapi belum tahu mudah-mudahan sih enggak hujan mudah-mudahan," kata Sahroni di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).

Dia pun bergurau saat ditanyai soal kemungkinan menggunakan jasa pawang hujan. 

"Pawangnya Sahroni saja," kata dia

Selain itu, Sahroni menjelaskan tiket Formula E di semua kategori sudah habis terjual. Dia menyebut tiket di dalam sirkuit pun sudah tak bersisa.

"Habis, semuanya habis, semua kategori. Untuk yang festival biasa itu karena dibeli sama Ancol langsung, nah Ancol kemarin sudah hampir 80 persen penjualannya untuk festival. Kalau yang di dalam sirkuit totally sold out," kata Sahroni. 

Menurut Sahroni ini karena tingginya antusias masyarakat yang hendak menyaksikan ajang balap mobil listrik Internasional tersebut.

"Sangat luar biasa ya enggak disangka dalam 4 hari terakhir mereka antusias pengen nonton tapi masalahnya tiket sudah tidak ada lagi," ujarnya

"Saya dan panitia berharap pergelaran ini adalah pergelaran yang memang cukup baik di mata dunia dan semua masyarakat semangat juga untuk menonton," ucap dia.

3 dari 4 halaman

Tim FEO: Drainase Trek Formula E Ancol Bagus, Takkan Ada Genangan Jika Hujan

Tim Formula E Operation (FEO) memastikan telah menyiapkan segala langkah-langkah antisipasi terkait faktor cuaca yang bisa mempengaruhi keberlangsungan acara di Jakarta.

“Kami menyiapkan berbagai rencana dan mitigasi untuk menghadapi berbagai cuaca,” tutur Consultant Safety, Health and Environment (HSE) FEO Richard Bate, dalam keterangannya, Selasa (31/5)

Meski saat ini cuaca di Indonesia hampir selalu panas, ada kalanya hujan tiba-tiba turun. Namun, Bate menjelaskan jika perihal cuaca merupakan salah satu yang sedari awal telah disiapkan dan diperhitungkan penyelenggara Formula E.

“Kami sudah melalui banyak sekali balapan di berbagai negara dunia, dengan bermacam macam musim. Jadi perihal menghadapi situasi seperti cuaca, kami siap mengakomodir sesuai dengan keadaan," jelasnya.

Dari sisi keamanan penonton secara umum misalnya, Bate menjelaskan pihaknya akan mengarahkan dan menuntun semua orang untuk turun dari tribun jika cuaca sangat buruk, seperti ketika angin sangat kencang.

“Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika. Ini tak ada bedanya. Jadi, kami sudah sangat siap sekali,” tandas Bate.

4 dari 4 halaman

Ini Cara Penukaran Tiket Elektronik Formula E Jakarta

Balap mobil listrik Formula E Jakarta dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 4 Juni 2022, di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol.

Bagi masyarakat yang sudah membeli tiket Formula E dapat melakukan penukaran tiket terlebih dahulu. Akan ada penukaran tiket bagi semua pemegang tiket kecuali pemilik tiket Jakarta Royal Suite 1A dan Jakarta Deluxe Suite 1B.

Seperti dihimpun Liputan6.com, Senin 30 Mei 2022, bagi pemilik tiket Segarra Suite 1C, Jimbaran Suite 1D, Ombak Laut 1E, Grandstand 2A - 2H and Circuit Festival 3 dapat menukarkan E-Tiket di Thamrin City, Taman Ismail Marzuki, dan Velodrom Rawamangun. Adapun ini disesuaikan dengan lokasi yang dipilih saat pembelian tiket.

Penukaran E-Ticket dapat dilakukan dengan menunjukkan E-Ticket dan ID pengenal di pintu masuk lokasi penukaran yang sudah disediakan.

Sedangkan bagi pemilik tiket Ancol Festival 4 dapat menunjukan E-Ticket kepada petugas saat akan masuk ke gerbang Ancol. Nantinya E-Tiket akan ditukar dengan gelang.

Penukaran tiket elektronik di sejumlah tempat seperti di Thamrin City, Taman Ismail Marzuki, dan Velodrom Rawamangun dimulai pada 1-3 Juni 2022 pukul 10.00 - 20.00 WIB. Selain itu, penukaran tiket Formula E juga dapat dilakukan di hari acara pada 4 Juni 2022 di JIEXPO Kemayoran.

Adapun penukaran dapat dilakukan pada pukul 08.00 - 12.00 WIB. Namun, disarankan untuk melakukan penukaran dilakukan beberapa hari sebelum acara ajang mobil balap listrik itu digelar guna menghindari kemungkinan antrean panjang.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.