Sukses

Anak Ridwan Kamil Hilang, Polri Akan Minta Terbitkan Yellow Notice ke Interpol Swiss

Liputan6.com, Jakarta Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Polri pun turut berupaya mengambil tindakan dengan berkoordinasi ke pihak interpol Swiss untuk menerbitkan pencarian orang atau Yellow Notice.

"Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar untuk kita mintakan Yellow Notice ke interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Menurut Dedi, sejauh ini komunikasi dengan pihak kepolisian Swiss dilakukan secara informal lewat metode police to police. Seluruh perkembangan penanganan upaya pencarian anak Ridwan Kamil pun terus dipantau oleh Polri.

"Itu langkah-langkah yang diambil oleh Hubinter Sekretariat NCB," kata Dedi.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menyebut tim gabungan akan memperluas area pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

"Pencarian akan dilanjutkan hari ini, 27 Mei 2022, pada cakupan lokasi yang lebih luas," ujar Judha saat dikonfirmasi, Jumat, (27/5/2022).

Judha mengatakan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian serta tim SAR setempat dan pihak keluarga Ridwan Kamil.

Dia menyebut, tim gabungan sudah berusaha mencari Emmeril sejak kemarin. Pencarian akan dilanjutkan pada hari ini.

"Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," kata dia.

2 dari 3 halaman

Terus Dicari

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss Muliaman Darmansyah Hadad memastikan otoritas Swiss terus mengupayakan pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

"Pencarian masih akan terus dilanjutkan. Masih akan dilanjutkan pencarian," ujar dia saat dikonfirmasi, Jumat (27/5/2022).

Muliaman mengatakan, pencarian terhadap Emmeril sudah dilakukan sejak pukul 10.00 waktu setempat hingga pukul 17.00 waktu setempat pada Kamis, 26 Mei 2022.

Dia mengatakan, pencarian akan dilanjutkan pada hari ini.

"Saat ini kalau di Swiss jam 3 pagi. Pencarian akan dilanjutkan jam 9 waktu Swiss," kata dia.

Emmiril Khan Mumtadz yang diketahui merupakan anak laki-laki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dilaporkan hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss, Kamis (26/5/2022) siang waktu setempat.

Emmiril terseret arus ketika sedang berenang. Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, menyebut bahwa tim SAR dan pihak berwenang masih terus melakukan pencarian.

Saat ini Ridwan Kamil dikabarkan telah menyusul ke Swiss. Emmiril sendiri berada di Swiss untuk mencari sekolah karena dia akan melanjutkan ke jenjang S2 atau pascasarjana.

3 dari 3 halaman

Kronologi Hilangnya Anak Ridwan Kamil

Berikut kronologi hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmiril atau yang akrab disapa Eril.

Eril diketahui tengah berenang di sungai Aaree, Bern, Swiss bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah. Ketika peristiwa itu terjadi, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Pencarian sempat dihentikan sementara pada 26 Mei 2022 karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan keesokan paginya.

Pihak keluarga Ridwan Kamil sendiri tengah berada di Swiss. Emmeril Khan Mumtadz merupakan anak pertama dari Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya.

Ridwan Kamil juga berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril.