Sukses

Cegah Penyusup, 5.260 Polisi Amankan Aksi Mayday Fiesta di GBK Sabtu 14 Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya bakal mengerahkan 5.260 personel untuk mengamankan acara peringatan hari buruh internasional atau Mayday Fiesta. Acara itu akan digelar di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Sabtu 14 Mei 2022 besok.

"Untuk kegiatan pengamanan sendiri dari Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan. Termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (13/5).

Selain melakukan pengamanan, ribuan personel itu juga turut membantu menyaring massa yang akan memasuki kawasan GBK. Hal itu guna mencegah adanya penyusup di luar masa buruh.

"Kemudian untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya tentunya kita akan memastikan karena tempatnya ini di GBK jadi siapa yg bisa masuk ke tempat acara itu adalah dari kelompok buruh namanya Gerakan Buruh Indonesia (GBI)," sebut Zulpan.

Oleh sebab itu, dia mengimbau para peserta untuk datang dengan identitas lengkap.

"Jadi kita mengharapkan mereka ini tentunya karena datangnya berkelompok dan juga ada identitasnya lengkap nanti di situ karena tempatnya di GBK ada beberapa pintu masuk," sebut Zulpan.

 

2 dari 3 halaman

Pintu Masuk Diatur Khusus

Menurut Zulpan, pintu masuk itu nantinya telah diatur khusus untuk kedatangan rombongan buruh yang disesuaikan dari asal kota mereka, di antaranya sekitar Jabodetabek hingga Jawa Barat.

"Diatur sektor-sektornya sehingga mempermudahkan keberadaan mereka dan juga mempermudahkan nanti datang dan kembalinya mereka tidak nanti kehilangan kelompoknya. Kepolisian sudah mengantisipasi agar kegiatan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Zulpan.

Dia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Terlebih, tempatnya juga sudah ditata dengan baik dan dipusatkan yaitu di GBK

"Ini adalah kegiatan Mayday Fiesta, pestanya para buruh," ucap Zulpan.

Oleh karena itu, dia memperingatkan potensi kepadatan di kawasan GBK. Dia pun mengimbau agar masyarakat menghindari kawasan GBK.

"Oleh sebab itu, ini mohon pengertian kepada seluruh masyarakat manakala besok antara jam 09.00 WIB sampai 15.00 WIB di sekitar GBK agak padat ada kegiatan ini untuk bisa dimaklumi," sambung dia.

 

3 dari 3 halaman

Kantong Parkir

Zulpan sejumlah menyampaikan upaya dilakukan petugas guna mengatasi keramaian saat aksi berlangsung. Di antaranya bakal menyiapkan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas termasuk pengamanan di pintu masuk GBK.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Jamal menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan kantong-kantong parkir yang bisa dimanfaatkan buruh pada saat menghadiri May Day Fiesta di GBK Senayan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Adapun, bus buruh DKI Jakarta masuk pintu 10 - Ring Road Stadion Utama GBK. Kemudian, bus buruh Jawa Barat masuk pintu 07-parkir timur utara & parkir timur selatan GBK.

Berikutnya, bus buruh Tangerang Raya/Banten masuk pintu 10 - parkir hall basket GBK/Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika

Sementara itu, kendaraan roda empat buruh parkir Istora, Gedung Parkir elevate utara & Gedung Parkir elevate selatan GBK. Sedangkan, kendaraan roda dua buruh parkir di stadion renang aquatiq & parkir Lapangan ABC GBK.

"Itu lokasi parkir May Day Fiesta 2022," tandas dia.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka