Sukses

Sopir Truk Gas Elpiji Dibegal di Cilincing, 3 Pelaku Dicokok

Liputan6.com, Jakarta - Kawanan begal beraksi di Jalan Raya Cacing, Cilincing Jakarta Utara pada Rabu (11/5/2022) dini hari. Tiga dari enam pelaku berhasil ditangkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, korban Agus (60) merupakan sopir truk pengangkut gas elpiji.

Kejadian bermula saat korban mengendarai truk bermuatan gas elpiji 3 Kilogram atau gas melon. Kendaraan dari Cakung mengarah ke Cilincing.

Ketika itu, kawanan begal yang berjumlah enam orang mengampiri korban di lampu lalu lintas kolong tol Kebon Baru. Zulpan menyebut, para pelaku saling berbagi tugas.

"Ada dua orang langsung naik ke atas truk dan mengambil 2 unit tabung gas, sedangkan pelaku 4 orang lagi berada di bawah dan merampas tas milik korban berisikan ponsel, uang dan STNK," kata Zulpan dalam keteragan tertulis, Rabu (11/5/2022).

Zulpan mengatakan, korban saat itu mencoba melawan. Sementara itu, salah satu pelaku membacok korban dengan senjata tajam jenis celurit.

"Saat korban turun untuk mempertahankan barang miliknya, salah satu pelaku langsung melukai korban dengan senjata tajam jenis celurit," ujar dia.

Zulpan mengatakan, korban menderita luka pada bagian lengan dan punggung. Akibat kejadian itu, korban harus menjalani perawatan RSUD Cilincing.

"Korban ditolong oleh salah satu pengendara motor dibawa ke RSUD Cilincing," ujar dia.

Polisi kemudian menangkap tiga orang pelaku atas nama A, R dan MR. Dalam kasus ini, pelaku MR dilakukan tindakan tegas terukur karena berusaha melawan pada saat ditangkap.

"Masih ada tiga DPO yang sedang kami buru atas nama S, I dan P," ujar dia.

Dalam kasus ini, turut disita clurit yang digunakan pada saat beraksi. Guna kepentingan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek Cilincing.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ringkus Begal TNI

Polisi berhasil meringkus delapan pelaku yang mencoba membegal anggota TNI di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu, (7/5/2022).

"Betul sudah diamankan delapan orang pelaku," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Sebelumnya, polisi baru mengamankan satu pelaku begal dan memburu tujuh pelaku lain. Namun, seluruh pelaku akhirnya bisa ditangkap dalam kurun waktu kurang dari 24 jam sejak kasus itu dilaporkan ke Polsek Kebayoran Baru.

Saat ini, delapan pelaku begal sedang menjalani pemeriksaan intensif. "Kurang dari 24 jam sejak dilaporkan dan diserahkan ke kami," ujar Herdi.

Sebelumnya, dua prajurit Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya menjadi korban percobaan pembegalan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mereka saat itu sedang mengendarai sepeda motor sebelum dicegat para pelaku begal. .

Ada empat sepeda motor yang dikendarai pelaku begal mencoba menghentikan sepeda motor yang ditumpangi dua anggota TNI itu. Namun, mereka tidak tinggal diam dan mencoba melawan kelompok begal itu.

3 dari 3 halaman

Dapat Perlawanan

Mendapat perlawanan, para pelaku begal dikejar oleh dua anggota TNI tersebut. Bahkan, salah satu sepeda motor yang dikendarai pelaku sempat ditendang hingga terjatuh. Pelaku atas nama Muhammad Rizky berhasil diamankan pada saat kejadian.

Polisi telah memeriksa satu orang pelaku begal. Kepada penyidik, mengaku menggunakan empat unit sepeda motor. Satu unit sepeda motor diduga diisi dua orang.