Sukses

Libur Diperpanjang, Masuk Sekolah di Jawa Barat Menjadi Kamis 12 Mei

Penundaan jadwal masuk sekolah juga diterapkan oleh dua provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengemukakan, untuk mengurai arus balik Lebaran 2022 pemerintah provinsi setempat melalui dinas pendidikan menetapkan perpanjangan libur Lebaran bagi pelajar selama tiga hari.

Dengan demikian, kata Wagub Jabar itu, maka pelajar SMA, SMK, dan SLB di Jabar mulai masuk sekolah pada 12 Mei 2022.

"Pemda Provinsi Jabar mengeluarkan kebijakan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi kemacetan. Pak Gubernur memberikan kebijakan masuk sekolah pada hari Kamis (tanggal 12 Mei 2022)," ungkap Uu, di Kota Bandung, Kamis (5/5/2022).

Oleh karena itu, Uu meminta para Bupati/ Wali Kota di Jabar untuk memperhatikan kebijakan tersebut.

Ia menyarankan penundaan jadwal masuk sekolah tersebut juga dapat diikuti tingkatan sekolah lainnya mulai dari SD hingga SMP.

"Sehingga keluarga yang masih di kampung halaman supaya tidak bingung. Kami yakin para keluarga tak hanya anak SMA, tapi ada pula SD supaya antara anak SD, SMP, semuanya seragam masuk pada hari Kamis," ujarnya.

Penundaan jadwal masuk sekolah juga diterapkan oleh dua provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Banten.

Keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Uu pun ingin penundaan jadwal masuk sekolah bagi pelajar ini disosialisasikan di Kabupaten/ Kota lainnya di Jabar, maka perlu dukungan dari para Bupati/ Wali Kota.

Adapun sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik, maka kesepakatan penundaan jadwal masuk sekolah juga dilakukan menindaklanjuti arahan dari Presiden RI, sehingga diambil keputusan bahwa jadwal kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022.

Dengan demikian para siswa dan tenaga kependidikan di Jabar dapat lebih santai dan tidak melakukan perjalanan di puncak arus balik, karena diprediksi puncak arus balik akan terjadi antara tanggal 6 - 8 Mei 2022.

Wagub pun mendoakan para siswa dan tenaga kependidikan yang melaksanakan mudik agar selamat di perjalanan, sehingga dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

"Untuk mengurai kemacetan yang terfokus masuk kerja hari Senin, mereka bisa berangkat dari tempat mudiknya lebih santai. Harapan kami hal ini diikuti oleh Bupati /Wali Kota," katanya yang dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libur Diperpanjang

Pemerintah memberikan kelonggaran masuk sekolah bagi para murid. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tambahan masa libur Lebaran.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristato, mengatakan, berdasarkan kalender pendidikan, seharusnya anak-anak kembali bersekolah pada Senin 9 Mei 2022.

Namun, setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan akibat kemacetan pada saat arus mudik Lebaran, akhirnya pihak Kemendikbudristek memberikan tambahan waktu libur selama tiga hari.

Artinya, anak-anak seharusnya masuk sekolah pada Senin 9 Mei 2022 menjadi Kamis 12 Mei 2022.

Anang pun menjelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," kata dia, Kamis (5/5/2022

Anang menyampaikan bahwa Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek.

Lebih lanjut, Anang mengatakan, keputusan penambahan waktu libur bagi para murid akan disosialisasikan kepada pemerintah daerah Jabodetabek.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," kata dia.

3 dari 4 halaman

Puncak Arus Balik

Polda Metro Jaya memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 8 Mei 2022 dan diperkirakan akan ada 269 ribu kendaraan yang kembali masuk ke Jakarta. 

"Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+5 atau pada tanggal 8 Mei 2022 yaitu sebesar 269 ribu kendaraan atau naik 5 persen dari 2019," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Menurut Zulpan, pihaknya juga memprediksi akan ada total dua juta kendaraan yang kembali ke Jakarta hingga H+10 Lebaran 2022. Jumlah tersebut mengacu pada empat Gerbang Tol (GT) yang memang menjadi pintu masuk ke Jakarta.

"Prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui empat gerbang tol utama, Cikupa, Ciawi, Cikatama, Kalitama pada H+2 sampai dengan H+10 adalah 2 juta kendaraan. Naik 34,7 persen dari situasi normal atau naik 0,6 persen dari realisasi Lebaran 2019," jelas dia.

Zulpan juga mengatakan, Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) menjadi area yang diprediksi paling banyak dilalui oleh kendaraan yang kembali ke Jakarta.

"Distribusi kendaraan yang kembali ke Jakarta dari arah Barat sebesar 23,7 persen, arah Selatan sebesar 15,7 persen, arah Timur sebesar 57,7 persen, dengan komposisi 57,9 persen melalui GT Cikatama, 36,4 persen dari GT Kalihurip Utama," Zulpan menandaskan.

 

4 dari 4 halaman

Berlakukan One Way

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way mulai dari Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama KM 188 sampai dengan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 47 hari ini, Kamis (5/5/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, ada sejumlah faktor yang membuat polisi menggunakan diskresi rekayasa lalu lintas tersebut.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan volume capacity ratio sebesar 1,19 persen," tutur Sambodo dalam keterangannya terkait pemberlakuan one way Tol Palimanan-Tol Japek.

Menurut Sambodo, data arus lalu lintas pada Rabu, 4 Mei 2022 mulai pkl 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB di Tol Cipali mengalami tren peningkatan. Pemantauan CCTV NTMC dan Command Center PJR, serta peta digital pun tampak terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalu pintas dari timur menuju ke arah barat.

"Pantauan anggota di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar, dan Korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya," jelas dia.

Mendasari hal tersebut, lanjut Sambodo, maka demi keamanan dan keselamatan, serta kelancaran arus balik, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way Tol Palimanan Utama-Tol Japek.

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 sampai dengan 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama KM 188 sampai dengan KM 72 Cikampek, dilanjutkan contraflow sampai dengan tol Jakarta-Cikampek KM 47," kata Sambodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.