Sukses

Operasi Mudik BNN, Para Sopir di Terminal Kampung Rambutan Jalani Tes Urine

Menurut dia, tujuan kegiatan tes urine untuk menjamin setiap orang bertanggung jawab ketika mengemudikan kendaraan publik dan tidak berada dalam pengaruh obat-obatan terlarang serta dalam kondisi yang sehat saat mengemudi.

Liputan6.com, Jakarta - Para sopir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, menjalani tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (27/4/2022).

Hal itu dilakukan BNN demi memastikan para sopir terbebas dari narkoba, sehingga mereka dapat membawa para pemudik ke kampung halaman dengan aman dan lancar.

"Tujuannya (diadakan tes urine) adalah mencegah jangan sampai terjadi kecelakaan yang mana ini jadi tujuan akhir operasi mudik agar masyarakat yang melakukan mudik bisa berangkat selamat dan pulang selamat," terang Kepala Biro Humas dan Protokol BNN Brigjen Pol Sulistyo Pudjo Hartono di Terminal Kampung Rambutan, Rabu (27/4/2022), seperti dilansir Antara.

Pudjo mengatakan, tes urine yang dilakukan kepada setiap sopir maupun nakhoda kapal menjadi kegiatan rutin yang digelar BNN secara nasional, terutama menjelang Hari Raya Idulfitri.

Menurut dia, tujuan kegiatan ini untuk menjamin setiap orang bertanggung jawab ketika mengemudikan kendaraan publik dan tidak berada dalam pengaruh obat-obatan terlarang serta dalam kondisi yang sehat saat mengemudi.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni, mengungkapkan, belum ada sopir yang terdeteksi atau terindikasi menggunakan narkoba sejak kegiatan tes urine ini dihelat pada awal persiapan mudik Lebaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Posko Kesehatan

Yulza percaya para awak yang bertugas mengemudikan bus untuk para pemudik berada dalam kondisi prima dan sehat untuk melayani mereka dalam perjalanan hendak pulang ke kampung halaman.

Bukan hanya tes urine, Terminal Kampung Rambutan pun menyediakan posko kesehatan, yang dapat dimanfaatkan para sopir maupun pemudik untuk mengecek kesehatan.

Selain itu, para sopir juga memperoleh pemeriksaan tensi darah dan kadar gula darah supaya mereka bisa dinyatakan layak untuk bertugas.

"Kami sudah memeriksa para pengemudi yang akan pergi dari Terminal Kampung Rambutan. Kami pastikan kondisi kesehatan mereka, hingga saat ini belum ada yang terindikasi menggunakan zat-zat terlarang dan hasilnya sejauh ini dalam kondisi normal," beber Yulza.

BNN juga menghadirkan tim anjing pelacak (K9) dalam melakukan pemeriksaan barang bawaan para pemudik. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan pemudik yang membawa barang terlarang seperti narkoba atau senjata.

Sumber: Antara

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini