Sukses

Ngabuburit ke Sejumlah Pasar di Bogor, Jokowi Dicurhati Guru Honorer yang Telat Digaji

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, Jawa Barat, dengan membagikan bantuan sosial (atau bansos.

Melalui keterangan resmi Kantor Sekretariat Presiden, kunjungan kerja Jokowi itu dilakukan sore tadi menjelang waktu buka berbuka puasa atau pada jam ngabuburit.

"Presiden membagikan bantuan sosial (bansos) bagi penerima manfaat dan pedagang di sejumlah pasar di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada Kamis, 21 April 2022," tulis siaran pers diterima, Kamis (21/4/2022) malam.

Lokasi pertama yang dikunjungi Kepala Negara adalah Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor. Dia tiba pukul 14.35 WIB dengan sambutan riuh warga pasar. Presiden pun langsung menghampiri masyarakat penerima manfaat untuk menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BMK) sebesar Rp 1,2 juta.

"Ini sudah diterima? Isinya Rp1,2 juta ya, bantuan untuk modal usaha. Jangan untuk beli HP ya, jangan buat baju, buat modal usaha. Nanti kalau ada untungnya baru bisa beli yang lain," pesan Jokowi kepada masyarakat penerima manfaat.

Selain BMK, Presiden juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT Minyak Goreng sebesar Rp300 ribu kepada masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan dan pedagang.

Selepas dari Pasar Cisarua, Presiden Jokowi menuju Pasar Ciawi. Sayangnya, cuaca kurang bersahabat. Namun hal itu tidak menyurutkan langkah Jokowi untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke titik berikutnya.

2 dari 2 halaman

Jokowi Mendengar Aspirasi

Selain menyerahkan bantuan sosial, Jokowi juga menyapa masyarakat dan mendengarkan aspirasi yang mereka sampaikan. Salah satunya Yuli, seorang guru honorer SD yang meminta perhatian terkait gajinya yang belum dibayar selama dua bulan.

Mendengar hal tersebut, Jokowi langsung meminta Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk mencatat hal tersebut. Usai mendengarkan keluhan guru tersebut, Jokowi pun langsung beranjak ke Pasar Sukasari, Kota Bogor.

Jokowi tiba sekira pukul 15.46 WIB di Pasar Sukasari. Aksi senada pun langsung dilakukan kepada para penerima. Presiden juga berpesan agar bantuan tersebut digunakan untuk tambahan bantuan modal usaha. Salah satunya kepada Adang Setiawan, penjual bakso. Adang mengaku terharu karena diberi bantuan langsung oleh Presiden.

"Baru pertama kali lihat aslinya. Biasa di TV kan, ini langsung depan mata ke saya langsung ngasih. Semoga ke depannya makin maju lagi Indonesia. Sukses terus buat Pak Jokowi," ujarnya.

Selesai di Pasar Bogor, sekitar pukul 17.00 WIB Presiden kembali ke Istana Kepresidenan Bogor.

Turut mendampingi Jokowi dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.