Sukses

3 Fakta Alfamart Gambut Roboh hingga Tewaskan 4 Orang

Liputan6.com, Jakarta Bangunan Alfamart tiga lantai di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, roboh, pada Senin 18 April sore kemarin. Empat orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa nahas tersebut.

Dari keempat korban tersebut, satu orang merupakan karyawan di Alfamart ambruk itu, sementara tiga lainnya adalah masyarakat.

"Untuk korban selamat masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. Ada juga yang sudah pulang ke rumah," jelas Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso saat berada di lokasi, Selasa (19/4/2022).

Hadi pun mengimbau bila ada masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya, diminta untuk segera melapor ke Polsek Gambut maupun Polres Banjar.

Sebenarnya, apa penyebab ambruknya bangunan Alfamart tiga lantai tersebut hingga sampai menewaskan empat orang di dalamnya?

Penyebabnya diduga usia bangunan yang sudah cukup tua, ditambah karena berdiri di atas tanah rawa.

"Jadi ingin bangunan tua dan disewa oleh Alfamart," ujar Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Rikwanto. 

Lantas, seperti apa jalannya proses evakuasi bagi para korban yang hingga kini dilaporkan masih ada yang selamat saat bangunan menjadi rata dengan tanah? 

Untuk diketahui, ambruknya bangunan Alfamart tiga lantai tersebut terjadi pada Senin sore, sekitar pukul 17.15 WIB. Saat itu proses evakuasi berjalan dramatis karena diperkirakan belasan orang terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

Alat berat bahkan ikut diturunkan guna mempermudah menemukan para korban yang masih di bawah material bangunan. Berikut sejumlah hal terkait ambruknya Alfamart Gambut dihimpun Liputan6.com

 

2 dari 4 halaman

1. Penyebab Alfamart Gambut Roboh

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mengatakan pihaknya mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jawa Timur untuk mengecek ambruknya bangunan tersebut.

Diakui Rikwanto hasil keterangan warga sekitar, bangunan yang ambruk memang telah berusia kira-kira 20 tahun. Warga juga menyebut, bangunan tersebut kerap terendam air karena wilayah rawa atau gambut hingga bencana banjir, sehingga patut diduga secara konstruksi tidak sesuai dengan kondisi awal berdiri.

"Jadi ini bangunan tua dan disewa oleh Alfamart," ujarnya.

Hingga Senin tengah malam, tim SAR gabungan bersama relawan masyarakat masih berupaya melakukan evakuasi terhadap sejumlah korban Alfamart ambruk yang diduga masih terjebak.

Kapolda menyebut ada lima orang diperkirakan masih berada di bawah reruntuhan bangunan permanen berlantai tiga itu.

"Perkiraaan total 16 orang korban saat kejadian termasuk enam karyawan. Delapan berhasil dievakuasi selamat dan tiga meninggal," kata Rikwanto. 

3 dari 4 halaman

2. 4 Orang Meninggal Tertimbun Material Bangunan

Bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, ambruk, Senin sore (18/4/2022). Sebanyak 4 korban ditemukan meninggal tertimbun bangunan minimarket Alfamart yang ambruk di Jalan Ahmad Yani Km 14 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Hari ini berhasil dievakuasi tiga orang korban, dua meninggal dunia dan satu selamat," kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso saat berada di lokasi, Selasa (19/4/2022).

Hingga saat ini total ada 13 korban berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan tiga lantai yang ambruk pada Senin sore, 18 April 2022. Sembilan orang di antaranya selamat dan empat tewas.

Doni menjelaskan total karyawan Alfamart enam orang. Lima selamat dan satu meninggal. Sementara, dari masyarakat tujuh orang, terdiri dari empat korban selamat dan tiga meninggal.

Terkait proses evakuasi, Kapolres memastikan masih dilakukan tim SAR gabungan yang dikomando Basarnas dan belum dapat dipastikan apakah masih ada korban yang tertimbun atau tidak.

Untuk itulah, bagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya agar bisa melapor ke petugas baik ke Polsek Gambut ataupun Polres Banjar.

Tim SAR gabungan dibantu relawan masyarakat juga mendirikan posko di dekat lokasi tepatnya samping SPBU Gambut guna memudahkan koordinasi dalam masa proses evakuasi dan wadah informasi bagi masyarakat.

4 dari 4 halaman

3. 5 Orang Diperkirakan Masih Terjebak Reruntuhan

Hingga Senin tengah malam, tim SAR gabungan bersama relawan masyarakat masih berupaya melakukan evakuasi terhadap sejumlah korban Alfamart ambruk yang diduga masih terjebak.

Kapolda menyebut ada lima orang diperkirakan masih berada di bawah reruntuhan bangunan permanen berlantai tiga itu.

"Perkiraan total 16 orang korban saat kejadian termasuk enam karyawan. Delapan berhasil dievakuasi selamat dan tiga meninggal," katanya.