Sukses

Cerita Warga Pulau Seribu Ingin Saksikan Langsung Laga IYC 2021 di JIS

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kepulauan Seribu sebanyak 30 orang menumpang kapal dari Pulau Untung Jawa untuk menonton turnamen International Youth Championship atau IYC 2021 karena ingin melihat langsung Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Salah satu warga, Achmad Syaifuddin menuturkan, dirinya harus menempuh perjalanan 30 menit ke Dermaga Marina, Ancol, usai mendapat undangan menyaksikan laga keempat IYC 2021 antara Barcelona U-18 kontra Atletico Madrid U-18.

"Mau mencoba stadion baru pokoknya, luar biasa Bapak Anies (Baswedan), enggak ada di pulau lah stadion kayak begini," kata Syaifuddin yang tercatat sebagai staf Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan tersebut saat ditemui di Jakarta Utara, Jumat malam 15 April 2022.

Syaifudin membawa 30 orang warga Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Selatan yang terdiri dari elemen RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), serta kader Posyandu untuk menonton pertandingan Barcelona lawan Atletico Madrid junior secara langsung.

Syaifudin senang dapat menginjakkan kaki di stadion tersebut, karena menghadirkan infrastruktur yang megah bertaraf internasional.

Syaifuddin dan puluhan warga Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu harus menumpang kapal dinas kelurahan untuk bisa ke Dermaga Marina dan sampai ke JIS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Rasakan Langsung Atmosfer Pertandingan

Warga tersebut berangkat dari Kepulauan Seribu sekitar pukul 16.00 WIB. Ketika tiba di dermaga Marina, Ancol, rombongan tersebut singgah dulu di Hotel D'arcici untuk berbuka puasa.

"Setelah buka puasa langsung meluncur ke sini," ujar Syaifuddin yang dikutip dari Antara.

Jauh dari Kepulauan Seribu, Syaifuddin mengaku sangat puas bisa merasakan langsung atmosfer pertandingan ala Liga Spanyol di Jakarta International Stadium. Hingga pertandingan selesai, skor Barcelona mengungguli Atletico Madrid dua gol tanpa balas.

Syaifuddin berharap JIS dapat dirawat dan bertahan lama untuk menghelat pertandingan sepak bola bergengsi lainnya seperti Tim Nasional Senior Indonesia dan Persija.

"Harapannya sih semoga awet saja, bertahan lama. Bisa dijaga, dirawat kebersihannya. Penontonnya pun sama, jangan buang sampah sembarangan lah intinya mah seperti itu. Jangan merusak stadion," ujar Syaifuddin.

"Inginnya nonton Indonesia senior dong dan Persija Jakarta, karena saya The JakMania, nanti saya bawa pasukan The JakMania dari Kepulauan Seribu," tutur dia pula.

IYC 2021 merupakan ajang yang mempertemukan talenta muda dunia dan Indonesia. Dalam turnamen itu, terdapat empat tim yang bertanding di JIS, yaitu Atletico Madrid U-18, Barcelona U-18, Bali United U-18, dan Indonesia All Star U-20.

Pada laga pertama IYC 2021, Atletico Madrid U-18 sukses mengalahkan Bali United U-18 dengan skor 5-0. Sedangkan pada laga kedua, hingga berita ini ditulis pertandingan Bercelona U-18 menghadapi Indonesia All Star U-20 berakhir imbang tanpa gol.

Pada pertandingan perdana IYC tersebut, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi juga ikut hadir menonton di tribun Jakarta International Stadium.

3 dari 5 halaman

Pupuk Kepercayaan Wisatawan Asing

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengharapkan gelaran International Youth Championship (IYC) Bali-Jakarta 2021 dapat memupuk kepercayaan wisatawan asing untuk bertandang ke Indonesia.

Anies Baswedan mengatakan, acara olahraga itu dapat menjadi pesan kepada dunia bahwa Indonesia telah mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

 "Kita berharap bahwa teman-teman dunia internasional yang hadir mereka akan menjadi duta bagi kita untuk menyampaikan kepada dunia internasional bahwa situasi di Jakarta, Bali baik, terkendali. Karena itu welcome back to Bali and Jakarta kepada international tourist di tempat-tempat itu," katanya dalam konferensi pers daring, Kamis (18/11/2021).

IYC Bali-Jakarta rencananya akan digelar di dua stadion, yakni Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan Jakarta International Stadium (JIS). Rencananya, turnamen kelas dunia ini akan diikuti Real Madrid U-18, Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18 dan Indonesia Selection U-20.

Sebelum tampil di Jakarta International Stadium, kontestan akan menjalani fase grup pada tanggal 4-8 Desember 2021 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Pada babak final dan perebutan posisi ketiga, akan digelar di Jakarta International Stadium pada 11 Desember 2021.

"Tanggal 11 nanti kami di Jakarta akan menyambut para finalis dari International Youth Championship (IYC) 2021 di stadion baru kita Jakarta International Stadium (JIS) yang kita sama-sama ketahui adalah stadion yang benar-benar jadi kebanggaan kita semua," kata dia.

4 dari 5 halaman

Target Rampung April 2022

BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) rampung dan siap dibuka pada April 2022. Saat ini, konstruksi telah mencapai 98 persen.

"Diharapkan, maksimal awal April sudah selesai," kata Direktur Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko ketika meninjau proyek JIS di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022).

Menurut dia, rencananya akan ada peluncuran awal dan peluncuran perdana setelah sebelumnya peluncuran awal (soft launching) sempat tertunda karena merebaknya varian Omicron.

Dalam peluncuran awal itu, lanjut dia, rencananya akan dilangsungkan pertandingan bola. Namun ia belum membeberkan tim yang akan bertanding.

Sedangkan terkait waktu pelaksanaannya, kata dia, juga menunggu konfirmasi lanjutan dari mitra pelaksana.

"Kami menunggu partner pelaksananya, kami menunggu konfirmasi juga dari para pemain," ucapnya yang dikutip dari Antara.

 

5 dari 5 halaman

Rampung Sesuai Jadwal

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik ketika meninjau pembangunan JIS mengatakan penyelesaian proyek tersebut sesuai jadwal.

"Saya kira April harusnya ini sudah semua rapi, kan kerjanya 24 jam, sisanya dua persen itu penyelesaian saja, pembersihan-pembersihan saja," ucapnya.

Rencananya, lanjut dia, Federasi Sepak Bola Internasional (Fédération Internationale de Football Association/FIFA) pada 23 Maret 2022 juga akan bertandang ke JIS untuk tes resapan air.

"Ini resapan air tiga menit selesai, padahal standarnya lima menit, jadi sudah melebihi," ucapnya.

Sementara itu, pengerjaan JIS masih terus dipercepat oleh Jakpro. Sejumlah pekerja konstruksi menyelesaikan beberapa ruangan pendukung di antaranya di ruangan VVIP dan Sky View Deck yang memiliki jalur joging di ketinggian 72 meter di atap JIS.

Sementara itu, lapangan utama JIS juga sudah rampung terpasang rumput serta kursi bercat oranye juga sebagian besar sudah mengisi tribun JIS. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS