Sukses

Doa Niat Sholat Dzuhur untuk Diri hingga Makmum dan Artinya

Sholat merupakan satu pilar utama yang tertulis di lima perkara rukun Islam. Salah satunya adalah sholat dzuhur.

Liputan6.com, Jakarta Dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan, selain berpuasa menahan lapar dan haus hingga tenggelamnya matahari, melaksanakan sholat khususnya sholat fardhu wajib hukumnya agar puasa yang dilaksanakan dapat diterima pahala puasanya. 

Sebagai umat Islam, sholat merupakan satu pilar utama yang tertulis di lima perkara rukun Islam. Dalam satu hari setidaknya ada lima waktu sholat, salah satunya adalah sholat dzuhur. Pelaksanaan sholat dzuhur dan sholat wajib lainnya dapat dilaksanakan sendiri maupun bersama-sama secara berjamaah.

Dalam melaksanakan sholat dzuhur, maka sholat dikerjakan pada siang hari dikala terang. Hal ini sesuai dengan makna dari kata dzuhur yang berarti terang atau jelas.

Ada pun waktu pelaksanaan sholat dzuhur sendiri dilaksanakan ketika waktu, sejak tergelincirnya matahari sampai bayangan setiap benda menyamai panjang bendanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Niat Sholat Dzuhur

Dalam sholat dzuhur maka hal yang paling utama dan pertama dari rukun sholat adalah niat. Adapun niat sholat dzuhur sebagaimana dikutip dari islam.nu.or.id sebagai berikut:

Ushallî fardla-dhuhri arba‘a raka’ât(in) lillâhi ta‘âlâ,"Saya shalat Zuhur empat rakaat karena Allah ta’ala."

Kalau berstatus sebagai makmum, maka sebelum lafal lillâhi ta‘âlâ ditambah kata ma’mûm(an). Demikian juga ketika jadi imam, maka ditambah kata imâm(an).

 

Rifqy Sakti Pratama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.