Sukses

KSAD Ingatkan Peran Mahasiswa: Punya Kontrol Sosial Dalam Hidup Bermasyarakat

Menurut dia, pengguna internet didominasi oleh generasi Z atau milenial sebesar 73,9 persen atau 145,4 juta orang dengan waktu akses lebih kurang 8 jam/hari.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan setidaknya ada empat peran yang bisa diambil oleh para mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah peran untuk mengontrol kehidupan di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara kuliah umum bertema "Penguatan Wawasan Kebangsaan" digelar di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat pada Rabu (9/3/2022).

"Pertama, sebagai agen perubahan. Kedua, sebagai penjaga nilai-nilai Pancasila. Ketiga, sebagai penerus bangsa. Keempat, sebagai komponen yang memiliki kontrol sosial dalam hidup bermasyarakat," kata Dudung

Kuliah umum KSAD di Universitas Andalas dilaksanakan dalam rangkaian kunjungan Kerja KSAD di satuan Jajaran Kodam I/BB. Sebagai pembuka, Dudung membahas tentang perkembangan dan kebebasan media sosial berbasis internet saat ini.

Menurut dia, pengguna internet didominasi oleh generasi Z atau milenial sebesar 73,9 persen atau 145,4 juta orang dengan waktu akses lebih kurang 8 jam/hari.

Kondisi ini menurut KSAD harus dikelola dengan baik dan benar sehingga meningkatkan produktivitas kaum muda.

Dia menyampaikan perhatian terhadap era kebebasan media saat ini. Di mana dia memandang bahwa media sosial bukan hanya membawa dampak baik, tetapi juga buruk.

"Era media sosial yang mudah dan cepat membawa efek lain yaitu berita kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan sedangkan fakta tidak lagi menjadi hal utama dalam menentukan sebuah kebenaran" ujar Dudung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Potensi

Namun Dudung mengapresiasi kemampuan, serta cara berpikir kritis dan pengetahuan yang luas dari generasi saat ini.

Hal ini tentunya menjadi potensi yang harus dipupuk, dikembangkan dan diarahkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Sebagai penutup, Dudung berpesan bahwa mahasiswa sebagai generasi milenial harus ikut aktif menyuarakan penggunaan media sosial secara bijak dan cerdas di masyarakat. Cita-cita harus diperjuangkan sebagai jalan untuk menyumbangkan karya terbaik bagi bangsa dan negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.