Sukses

Nisan Makam Bertuliskan Keturunan Nabi Dibongkar Warga di Tangerang

Pembongkaran itu dilakukan karena dianggap meresahkan. Sebab, nisan pada makam tersebut bertuliskan Nesah binti Nabi Sulaiman bin Nabi Daud.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Desa Selapajang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten, dihebohkan dengan sebuah makam yang bentuknya menyerupai makam keramat dan memiliki nisan bertuliskan Bin Nabi Sulaiman.

Beberapa warga setempat nekad berniat membongkar makam tersebut, agar tidak menciptakan kegaduhan. Namun, aksi itu sempat dicegah oleh pejabat setempat. Meski demikian, warga setempat akhirnya tetap melakukan pembongkaran, tapi hanya pada nisan makam tersebut saja.

Pembongkaran itu dilakukan karena dianggap meresahkan. Sebab, nisan pada makam tersebut bertuliskan Nesah binti Nabi Sulaiman bin Nabi Daud. Kepala Dusun Desa Selapajang, Sofyan Dari mengatakan, nisan bertuliskan keturunan nabi ini, pertama kali ditemukan beberapa warga yang akan menggali kubur.

"Awalnya dilihat warga yang hendak gali kubur, terus heboh, hingga kami pun langsung mengecek ke lokasi," katanya, Senin (28/2/2022).

Saat dicek, warga pun curiga dengan makam tersebut, hingga melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan ulama setempat. "Kita curiga soal makam ini, dan kita pun langsung melakukan koordinasi untuk mempertanyakan soal makam ini," ujarnya.

Dan ternyata diketahui, makam itu hanya milik seorang warga biasa yang telah wafat beberapa tahun yang lalu. "Setelah kita lakukan pengecekan, ternyata itu makam biasa, bukan makam ulama, atau keturunan nabi," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didampingi Polisi

Alhasil, untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masyarakat setempat, akhirnya Ketua Dusun yang didampingi oleh pihak kepolisian pun memutuskan untuk membongkar nisan tersebut. "Akhirnya kita bongkar, nisannya saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan kita ganti dengan penanda yang lain, yakni batu,".

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Cisoka, Ipda Mukhlis mengatakan, pihaknya mendampingi proses pembongkaran itu, dan akan melakukan pengecekan lebih lanjut. "Kita dampingi proses pembongkarannya dan adanya hal ini kita lakukan tindak lanjut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.