Sukses

Jokowi Ikut Lepas Jenazah Sang Paman di Solo

Paman Presiden Joko Widodo (Jokowi), Miyono Suryosardjono meninggal dunia pada Minggu, (27/2/2022) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Paman Presiden Joko Widodo (Jokowi), Miyono Suryosardjono meninggal dunia pada Minggu, (27/2/2022) malam. Jokowi ikut megantar kepergian sang paman yang akan dimakamkan di pemakaman keluarga Astana Mundu, Gondangrejo, Karanganyar, Senin (28/2/2022) siang.

Jokowi tiba di rumah duka pamannya di Manahan, Solo sekitar pukul 09.40 WIB. Selang dua puluh menit kemudian giliran Gibran Rakabuming yang didampingi istrinya Selvi Ananda tiba di rumah duka.

Selain keluarga, sejumlah menteri tampak ikut melayat di rumah duka, di antaranya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Sedangkan dari TNI-Polri, tampak Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto dan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Lutfi.

Tak lama setelah kedatangan Jokowi, prosesi pelepasan jenazah pun dimulai pada pukul 10.30 WIB. Acara diawali dengan sambutan dari perwakilan keluarga serta sambutan dari Pemkot Solo yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan akta kematian kepada keluarga almarhum.

Usai acara itu, dilanjutkan dengan prosesi brobosan yang dilakukan putra-putri dan cucu almarhum dengan berjalan bergantian sebanyak tiga kali di bawah keranda atau peti jenazah. Kemudian jenazah dibawa ke Masjid Hj Diah Kusumasari Santosa yang terletak di belakang rumah duka untuk disalatkan.

Usai disalati jenazah langsung dimasukkan ke mobil menujut ke tempat peristirahatan terakhirnya di Astana Mundu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan karena Covid-19

Presiden Jokowi yang naik mobil sedan Mercedes Benz berplat nomor B 1190 RFS langsung mengikuti iring-iringan mobil jenazah. Dalam mobil itu, Jokowi terlihat didampingi oleh putra bungsunya Kaesang Pangarep. Sementara itu Gibran dan Selvi Ananda tampak mengikuti iring-iringan rombongan jenazah dnegan mobil terpisah.

Seperti diketahui Miyono meninggal pada usia 82 tahun. Ia meninggal dengan riwayat sakit paru-paru. Sebelumnya paman presiden itu sempat terkena Covid-19 namun sudah sembuh. Keluarga memastikan Miyono meninggal bukan karena Covid-19 karena hasil swab sebelum bertemu Jokowi pada Sabtu lalu hasilnya negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.