Sukses

Pengusulan Calon Pahlawan Nasional untuk Dokter Soeharto, Ganjar: Teladan Generasi Muda

Ganjar memuji peran Dokter Soeharto selama masa perjuangan. Politis PDIP ini memaparkan sejumlah poin penting yang harus dipertimbangkan untuk menyetujui Dokter Soeharto sebagai pahlawan nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambut baik pengusulan Calon Pahlawan Nasional untuk DR. dr. H. R. Soeharto, yang juga dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta.

Ganjar turut memuji peran Dokter Soeharto selama masa perjuangan. Politis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini memaparkan sejumlah poin penting yang harus dipertimbangkan untuk menyetujui Dokter Soeharto sebagai pahlawan nasional.

Menurut Ganjar Pranowo, Dokter Soeharto adalah seorang yang multitalent dan perjuangannya begitu keras sejak masa pergerakan nasional. Ini teladan berharga bagi generasi muda.

"Dia tentara. Pernah jadi menteri. Talenta beliau luar biasa. Mudah-mudahan seminar ini makin bisa mengungkap ceritanya. Beliau sangat layak, perannya luar biasa, tidak diragukan lagi," ucap Ganjar.

Dalam seminar nasional yang berlangsung hybrid dengan tema "Pengusulan Calon Pahlawan Nasional DR. dr. H. R. Soeharto Mayor Jenderal Kehormatan" di Gedung Imeri Fakultas FKUI, Jakarta, Selasa (22/2/2022), sejumlah narasumber ternama ikut hadir memberikan dukungan.

Perwakilan keluarga Dokter Soeharto, Dewi Kamaratih, yag tak lain merupakan putrinya, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan niat baik dari para narasumber. Dia juga mengapresiasi dukungan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri yang turut menyetujui pengusulan sebagai Calon Pahlawan Nasional.

"Syukur kalau seluruh lembaga/organisasi penting yang ayahanda turut berperan dalam pendiriannya masih eksis hingga sekarang: UGM, BNI, IDI, IIDI, PKBI, Sarinah, Monas, Istiqlal masing-masing membawa banyak manfaat untuk rakyat dan bangsa ini dan mendukung pengusulan ini," kata Dewi Kamaratih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalankan Tugas Rahasia

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Mayjen Pol (purn) Sidarto Danusubroto menuturkan, dokter Soeharto banyak membantu Soekarno (Bung Karno) dalam menjaga kesehatan. Selain itu, sang dokter kepresidenan tersebut juga merupakan orang kepercayaan dan sering menjalankan tugas rahasia dari Bung Karno.

Sidarto menyampaikan dokter Soeharto juga ikut menggalang dana setelah Indonesia meraih kemerdekaan. Karena itu, dokter Soeharto yang merupakan pendiri BNI, layak menjadi pahlawan nasional.

"Saya kebetulan adalah ajudan Presiden Soekarno setelah Super Semar. Apa yang saya dengar dari Bung Karno saat beliau ditahan di Wisma Yaso, saya dengar sendiri dari Bung Karno bahwa dr Soeharto adalah salah satu orang kepercayaannya selama sebelum kemerdekaan dan sudah kemerdekaan," ucap Sidarto.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pun secara gamblang mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Dokter Soeharto. Menurut Hasto, beliau adalah seorang dokter, tapi mampu bekerja di segala bidang.

"Begitu tinggi kepercayaan Bung Karno kepada Dokter Soeharto sampai berbagai urusan negara diamanahkan kepadanya. Dari Fonds Kemerdekaan di awal kemerdekaan, mengelola dana bagi militer, jabatan-jabatan Menteri di bidang perekonomian hingga proyek-proyek mercusuar Dokter Soeharto dengan kredibilitas tinggi dan kemampuannya mampu menyelesaikan berbagai tanggung jawab itu sambil terus menjalankan pengabdiannya sebagai seorang dokter," terang Hasto.

"Beliau mampu mengeksekusi pandangan Presiden Soekarno sebagai pemimpin revolusioner, seperti pendirian Sarinah yang dipercayakan Bung Karno pada Dokter Soeharto sebagai pusat promosi barang produksi dalam negeri yang dilandasi keberpihakan kepada rakyat Indonesia, rakyat miskin agar bisa berdikari secara ekonomi dengan visi jauh kedepan," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.