Sukses

NasDem Pertimbangkan Usung Anies, Emil, dan Ganjar Maju di Pilpres 2024

NasDem rencananya akan mengumumkan pasangan capres yang akan diusung untuk Pilpres 2024 pada tahun 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem akan mengumumkan calon presiden (Capres) yang akan diusung untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, pada 2023 mendatang.

Meski masih terbilang lama, Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa membocorkan tokoh-tokoh yang kemungkinan akan diusung di Pilpres 2024.

NasDem mempertimbangkan mengusung tokoh yang sedang populer, antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kapan diputuskannya? Ya nanti di 2023, tapi nama-nama ini sedang kita pertimbangkan," ujar Saan Mustopa saat rilis survei SMRC secara daring, Selasa (15/2/2022).

Saan mengatakan, NasDem memiliki kedekatan emosional dengan Ridwan Kamil. Sebab, NasDem merupakan partai pengusung Emil saat maju menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Pak Ridwan Kamil publik tahu di Jawa Barat NasDem yang usung, secara emosional punya kedekatan," kata Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI ini.

Sementara Anies Baswedan, menurut Saan juga punya kedekatan dengan NasDem. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini disebut sebagai salah satu deklarator ormas NasDem.

Selain itu, kata Saan, sosok Ganjar Pranowo juga punya kedekatan dengan Partai NasDem.

"Jadi tiga nama ini memang ada dalam pertimbangan di Partai Nasdem, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Ridwan Kamil," kata Saan Mustopa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Penentuan Capres Masih Digodok

Sementara saat ini NasDem belum punya keputusan apapun terkait Calon Presiden (Capres) 2024. NasDem masih menggodok mekanisme pemilihan calon presiden.

"Nah siapa yang akan NasDem akan nanti usung, tentu Nasdem mekanisme yang sedang digodok," kata Saan.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.