Sukses

Top 3 News: Viral Ceramah Ustaz Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram

Penyebutan wayang haram oleh ustaz Khalid Basalamah sontak mendapat reaksi keras dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi).

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) berencana melaporkan ustaz Khalid Basalamah ke Bareskrim Mabes Polri usai video viral dalam isi ceramahnya menyebut salah satu seni budaya, yakni wayang disebut haram.

Pernyataan tersebut terlontar dari ustaz Khalid saat menjawab pertanyaan dari salah satu jamaah yang hadir. Dia bertanya apa soal wayang dari sudut pandang Islam, termasuk tobat yang dilakukan oleh dalang.

Bambang Barata Aji, selaku Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya mengatakan, ujaran pengharaman produk seni budaya dapat mengarah pada upaya disintegrasi bangsa. Bahkan dinilai telah menyerang dasar-dasar penghidupan pelaku seni budaya masyarakat Indonesia.

Berita terpopuler kedua terkait sosok Fatimah, jenazah yahng berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) dalam kecelakaan tunggal di Pasar Senen Jakarta, Senin, 7 Februari lalu.

Belakangan diketahui almarhumah adalah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang pada saat kejadian nahas tersebut tengah bersama AKP Novandi Arya Kharisma yang ikut tewas saat Toyota Camry yang dikemudikannya menabrak separator Transjakarta. 

Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com, pada Senin, 14 Februari kemarin.

Dia mengatakan bagi warga yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap dan tidak memiliki penyakit bawaaan dapat beraktivitas seperti biasa. Luhut bahkan meminta masyarakat tidak berlebihan menyikapi adanya Covid-19, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 14 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 6 Respons Pepadi Terkait Viral Ustaz Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram

Viral di media sosial ceramah ustaz Khalid Basalamah yang menyebut wayang itu haram dan lebih baik dimusnahkan. Sontak hal ini mendapat reaksi keras dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi). 

"Kalau masalah tobat, ya tobat nasuha, dan kalau dia punya (wayang) lebih baik dimusnahkan, dalam arti kata dihilangkan," kata ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah video yang viral.

Pernyataan ustaz Khalid ini menjawab pertanyaan jemaah soal wayang dari sudut pandang Islam, termasuk tobat yang dilakukan oleh dalang.

Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya, Bambang Barata Aji mengatakan, pihaknya akan melaporkan ustaz asal Makassar tersebut ke Bareskrim Mabes Polri terkait pernyataannya tentang wayang yang viral. 

Menurut Pepadi, apa yang dilakukan ustaz Khalid Basalamah dinilai mengarah pada upaya disintegrasi bangsa.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Metro Sepekan: Teka-teki Fatimah Wanita yang Tewas dalam Kecelakaan Bersama AKP Novandi

Pada Senin dini hari 7 Februari 2022, kecelakaan tunggal terjadi kawasan Senen, Jakarta Pusat dan menewaskan AKP Novandi Arya Kharisma.

Korban kecelakaan meninggal dunia tak hanya AKP Novandi, tetapi juga seorang perempuan bernama Fatimah. Jenazah Fatimah berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) melalui properti dan medical record.

Rupanya diketahui, Fatimah merupakan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu terungkap dari unggahan duka cita yang disampaikan Ketua Umum PSI Giring Ganesha melalui akun Instagram miliknya @giring, Rabu 9 Februari 2022. 

Kemudian, anggota Polresta Manado yang sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) Briptu Christy Sugiarto akhirnya ditemukan seorang diri di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Briptu Christy ditemukan pada Rabu sore 9 Februari 2022. Ia hilang sejak November 2021 dan masuk dalam DPO lantaran meninggalkan tugas tanpa izin selama berbulan-bulan alias desersi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Luhut: Kalau Sudah Vaksin 2 Kali dan Tidak Ada Komorbid, Jalan-Jalan Saja

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, masyarakat yang telah divaksin Covid-19 dosis lengkap dan tak memiliki penyakit komorbid dapat menjalani aktivitas seperti biasa dan berjalan-jalan. Untuk itu, dia meminta masyarakat tak khawatir berlebihan dengan Covid-19.

"Jadi khawatir kita tidak perlu berlebihan. Kalau memang dia sudah divaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid, ya jalan-jalan saja. Ndak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan," kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Dia menuturkan, 60 pasien Covid-19 yang meninggal adalah mereka yang belum divaksin Covid-19 dosis pertama atau kedua. Kemudian, memiliki penyakit komorbid dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi agar tak terpapar Covid-19. Luhut menyampaikan pemerintah juga terus mengejar target vaksinasi dosis kedua terutama untuk lansia.

Di sisi lain, Luhut menyebut pemerintah belum berencana untuk melakukan pengetatan kegiatan masyarakat. Pemerintah justru berencana terus melakukan pelonggaran aktivitas masyarakat.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.