Sukses

Dua Tokoh Ini Dukung Sabam Sirait Diangkat Jadi Pahlawan Nasional

Keinginan agar tokoh nasional Sabam Sirait diangkat menjadi pahlawan nasional kembali mengemuka.

Liputan6.com, Jakarta Keinginan agar tokoh nasional Sabam Sirait diangkat menjadi pahlawan nasional kembali mengemuka. Kali ini dukungan datang dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi.

Hal tersebut disampaikan pada pelaksanaan Seminar Nasional Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022 di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, Selasa, (08/02/2022).

Dirinya menyambut gembira akan usulan itu. "Perjuangan yang dilakukan serorang tokoh Sabam Sirait telah berkontribusi dalam mempertahankan NKRI dan pembangunan negara khsusunya Sumut," kata Edy.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa almarhum Sabam Sirait mendukung secara terbuka akan kemerdekaan Palestina dan mengecam Israel. Karenanya, dia mengapresiasi dan mendukung pemberian gelar pahlawan tersebut.

Sementara, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga mendukung usulan agar almarhum Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional.

"Saya menyambut gembira seminar ini dan Pemkot siap memberikan dukungan untuk beliau. Kami siap memberikan dukungan," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Keluarga

Sebelumnya, mewakili keluarga almarhum Sabam Sirait Batara Immanuel Sirait mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh tokoh di Sumut yang mendorong penetapan almarhum ayahnya sebagai pahlawan nasional.

Dia berharap, agar apa yang diupayakan panitia juga menjadi harapan untuk kebaikan bagi bangsa dan Negara.

"Mewakili keluarga besar Sabam Sirait, kami mengucapkan trimakasih kepada panitia, tokoh-tokoh bangsa dan seluruh masyarakat atas pengajuan Ayah kami jadi Pahlawan Nasional," kata Batara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.