Sukses

3 Fakta Terkait Foto Snack di Pesawat Garuda Bergambar Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta - Balum lama ini beredar foto paket makanan di pesawat Garuda Indonesia, di mana, salah satu kemasannya bergambar ilustrasi dari Kaesang Pangarep, yang merupakan putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Namun rupanya, kejadian tersebut tak disangka oleh manajemen Garuda Indonesia. Karena, snack bergambar ilustrasi Kaesang Pangarep dari sajian makanan di pesawat Garuda Indonesia itu langsung ditarik.

"Kita akan tarik. Kelihatannya ada kesalahan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu 16 Januari 2022.

Dia menegaskan, sebagai maskapai pelat merah, tidak ada keharusan dan kepentingan bagi Garuda Indonesia untuk mempromosikan Kaesang ataupun snack tersebut.

Tak hanya Garuda Indoensia, CEO Tays Bakers Alexander Anwar sebagai produsen PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) juga angkat bicara.

Menurut dia, kemasan baru yang menampilkan wajah Kaesang Pangarep khusus bagi distribusi pasar ritel sekaligus mendorong promosi UMKM nasional.

"Kemasaran baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," ujar Alexander dikutip dari keterangan tertulis.

Berikut 3 fakta terkait beredar foto paket makanan di pesawat Garuda Indonesia bergambar ilustrasi putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dihimpun Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Garuda Indonesia Langsung Tarik Snack Bergambar Kaesang

Beredar foto, Garuda Indonesia telah menyajikan paket makanan di pesawat, dimana salah satu kemasannya bergambar ilustrasi dari Kaesang Pangarep, yang merupakan putra dari Presiden Jokowi.

Kejadian ini nampaknya tidak diduga oleh manajemen Garuda Indonesia. Hal ini terbukti dengan langsung ditariknya snack bergambar ilustrasi Kaesang Pangarep tersebut dari sajian makanan di pesawat Garuda Indonesia.

"Kita akan tarik. Kelihatannya ada kesalahan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat dikonfirmasi kanal Saham Liputan6.com, Minggu 16 Januari 2022.

Irfan menjelaskan, sebagai maskapai plat merah, tidak ada keharusan dan kepentingan bagi Garuda Indonesia untuk mempromosikan Kaesang ataupun snack tersebut.

"Kita tidak ada intensi juga promosi begituan. Kita minta polosan," tegas Irfan.

3 dari 4 halaman

2. Produsen Sebut untuk Dorong UMKM Nasional

Sementara itu, di kesempatan terpisah PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS), baru-baru ini meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan TRICKS yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerjasama co-branding dengan PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat).

Kemasan baru yang menampilkan wajah Kaeang Pangarep khusus diperuntukkan bagi distribusi pasar ritel, sekaligus mendorong promosi UMKM nasional.

"Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," ujar CEO Tays Bakers Alexander Anwar.

Ia menambahkan, sejauh ini respon pasar terhadap kemasan baru tersebut cukup positif dan diharapkan akan dapat mendorong penjualan.

Sebelumnya, Tays Bakers juga telah menjalin kerjasama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir di mana Tays Bakers menyediakan produk TRICKS kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS. Adapun untuk pendistribusian di maskapai, akan digunakan produk TRICKS dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

:Kami akan menukar semua produk TRICKS pada Aerofood ACS dengan kemasan standar," tambah Alex.

Tays Bakers merupakan produsen makanan ringan berkualitas dan sehat. Produk TRICKS Baked Crisps dengan 5 varian otentik khas Asia yang merupakan salah satu produk andalan, menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia diproses dengan konsep oven baked, dibuat dari kentang asli dengan kurang dari 100 kalori per sachet.

Produk TRICKS telah diekspor ke mancanegara, seperti ASEAN, China, Taiwan, Korea, Australia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

3. Gibran Sebut Hanya Salah Paham

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, angkat bicara terkait beredarnya foto makanan ringan atau snack di pesawat Garuda Indonesia yang bergambar ilustrasi wajah Kaesang Pangarep. Kini, snack tersebut telah ditarik dari dari maskapai penerbangan pelat merah itu.

"Oh itu ada salah paham," jawab Gibran saat dimintai pendapatnya soal beredarnya snack bergambar Kaesang di Balai Kota Solo, Senin 17 Januari 2022.

Gibran yang juga Wali Kota Solo itu, mengaku telah meminta Kaesang membuat rilis ke media. Hal ini untuk meluruskan informasi soal munculnya snack tersebut di pesawat Garuda Indonesia.

"Dia lagi bikin press release. Nanti biar dibikin. Bocahe wis tak kon gawe (anaknya sudah saya suruh membuat rilis). Nanti tak share," jelas Gibran.