Sukses

12 Hari Pelaksanaan, Vaksinasi Merdeka Anak Polda Metro Jaya Capai 91,7 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Program Vaksinasi Merdeka yang digagas Polda Metro Jaya terus digencarkan. Program itu kini khusus menyasar kelompok anak dan remaja.

Vaksinasi Merdeka Anak mulai digelar sejak Rabu, 5 Januari hingga Senin 17 Januari 2022. Dalam 12 hari pelaksanaan, program itu berhasil mencapai angka vaksinasi hingga 91 persen.

"Vaksinasi Merdeka Anak yang dimulai 5 Januari - 17 Januari 2022 telah mencapai 91,7 persen atau sekitar 1.142.417 anak di wilayah aglomerasi dan 76,2 persen atau sekitar 872.889 anak di DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Vaksinasi Merdeka Anak Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Sambodo mengatakan, kegiatan Vaksinasi Merdeka Anak Polda Metro Jaya digelar atas kerja sama dengan Yayasan Sinergi Vaksinasi Merdeka. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun mendukung penuh program tersebut.

"Kapolri menyampaikan bahwa pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak yang dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah nusantara. Dalam kesempatan tersebut, Kapolri juga menyampaikan bahwa Polda Metro Jaya ditargetkan mampu memvaksin lebih dari 2 juta anak di wilayah hukum Polda Metro Jaya," ujar Sambodo.

2 dari 2 halaman

Sasar Semua Anak

Kaposko Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya Kompol Supriyanto menambahkan, kegiatan Vaksinasi Merdeka Anak ini pun menyasar ke semua anak, tanpa terkecuali.

Salah satunya digelar di Musala Baitul Amanah. Ada 26 anak yang merupakan keluarga tidak mampu yang mendapatkan vaksinasi dari program Vaksinasi Merdeka Anak.

"Orangtua mereka bekerja serabutan atau bahkan pengangguran. Serta tinggal di kawasan padat penduduk yang di dalam satu rumah dihuni sekitar dua hingga lebih kepala keluarga dengan luas bangunan sekitar 2x3 meter dengan atap yang terbuat dari triplek," jelas Supriyanto.

Dia memastikan lewat program Vaksinasi Merdeka Anak semua anak di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang belum divaksin akan dilakukan vaksinasi oleh petugas.

"Untuk anak-anak di seluruh wilayah Polda Metro Jaya kami bekerja agar mereka mendapatkan vaksin dalam program Vaksinasi Merdeka Anak hingga hari Rabu, 19 Januari 2022," pungkas Supriyanto.