Sukses

Menpora: Hasil Final Piala AFF 2020 Tak Pengaruhi Kontrak Shin Tae-yong di Timnas

Komposisi pemain timnas saat ini merupakan pemain-pemain muda terbaik yang dipersiapkan untuk Sea Games. Sementara itu, timnas Thailand yang bertanding Rabu malam tadi, merupakan pemain senior yang telah memiliki pengalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan hasil final Piala AFF 2020 tidak akan mempengaruhi kontrak pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Dia mengatakan eks pelatih Timnas Korea Selatan tidak akan dipecat dan akan tetap dikontrak untuk Piala Dunia U-20.

"Shin Tae-yong dikontrak PSSI untuk Piala Dunia U-20 di 2023. Saya lihat dia akan terus, tidak ada perubahan. Apa pun hasil final ini dia tetap akan dipertahankan. Pemerintah dukung putuskan PSSI," jelas Zainudin Amali kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidena Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Adapun timnas Indonesia kalah telak 0-4 dari Thailand di final leg pertama Piala AFF, Rabu, 29 Desember 2021 malam. Kendati kalah, Amali menilai timnas Indonesia telah berjuang sebisa mungkin untuk menang.

Menurut dia, komposisi pemain Timnas saat ini merupakan pemain-pemain muda terbaik yang dipersiapkan untuk Sea Games. Sementara itu, timnas Thailand yang bertanding Rabu malam tadi, merupakan pemain senior yang telah memiliki pengalaman.

"Tim yang dibawa ke Singapura ini tim pemain muda yang disiapkan untuk Sea Games melawan tim senior yang Thailand, tim yang sudah jadi, ada pengalaman dan sebagainya," jelas dia.

Selain itu, kekalahan timnas Indonesia juga karena kebobolan gol oleh pemain Thailand di menit-menit awal pertandingan. Amali menuturkan, hal ini membuat timnas Indonesia menjadi tertekan.

"Semalam saya lihat anak-anak kita tetap tunjukkan perlawanan walaupun keliatan tertekan. Apalagi seolah-seolah kaget begitu kemasukan menit-menit awal, itu kan membuat orang kaget, kok tiba-tiba kemasukan. Itu yang membuat tertekan," ujar Amali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Rekor Kemenangan

Seperti diketahui, Timnas Thailand mampu melanjutkan rekor fantastisnya di Piala AFF 2020. Skuat Gajah Perang sukses mengobrak-abrik gawang Timnas Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2020.

Timnas Thailand berhasil mengalahkan skuat Garuda 4-0 tanpa balas di Stadion Nasional, Rabu (29/12/2021). Masing-masing gol Timnas Thailand dicetak oleh Chanathip Songkrasin (2', 52'), Supachok Sarachat (67'), dan Bordin Phala (83').

Kemenangan besar ini tentunya menguntungkan anak asuh Alexandre Polking pada leg kedua nanti. Sebab, Timnas Thailand hanya butuh hasil imbang untuk mengangkat trofi Piala AFF untuk keenam kalinya.

Sementara, Timnas Indonesia wajib bersusah payah pada leg kedua nanti untuk menjaga asa juara. Egy Maulana Vikri dan kolega harus mencetak gol minimal lima angka bila ingin merasakan indahnya trofi bergengsi ini untuk pertama kalinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.