Sukses

Timnas di Final Piala AFF, Menko PMK: Saya Bukan Peramal, tapi Yakin Indonesia Menang

Muhadjir meminta timnas Indonesia melupakan ketidakberhasilan timnas sebelumnya yang gagal setiap masuk final. Muhadjir berpesan agar timnas Indonesia tak terbebani saat bertanding.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendukung Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia di Final Piala AFF 2020.

Dia berharap Timnas Indonesia dapat menang melawan Thailand di pertandingan final nanti malam.

"Pasti pro Indonesia, setiap malam doa saya supaya kita menang. Saya bukan peramal, pokoknya menang lah. Syukur-syukur kalo gol-nya sangat banyak, semakin banyak gol semakin bagus untuk Indonesia," jelas Muhadjir di Kantor Kemenko PMK Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Muhadjir meminta timnas Indonesia melupakan ketidakberhasilan timnas sebelumnya yang gagal setiap masuk final. Muhadjir berpesan agar timnas Indonesia tak terbebani saat bertanding.

"Pesan saya harus punya percaya diri, melupakan ketidakberhasilan sebelumnya, itu penting, jangan terbebani lah, setiap masuk final selalu kandas, itu jangan menjadi beban. Lepas saja, lupakan itu dan bertanding untuk merah putih," ujarnya.

Terkait bonus untuk timnas, Muhadjir enggan berbicara banyak. Menurut dia, bonus merupakan urusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Bonus urusan Pak Presiden," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Thailand Punya Kualitas Lebih Baik

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium, Singapura. Asnawi Mangkualam dkk membidik trofi AFF pertama sepanjang keikutsertaan timnas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui, Thailand punya kualitas di atas timnya. Namun ia enggan pesimistis menghadapi laga final nanti.

"Kita tahu Thailand dan Vietnam menjadi tim terkuat Asia Tenggara saat ini. Thailand di atas kita sebenarnya, tetapi pasti ada cara bagaimana mengalahkannya," ujar Shin Tae-Yong.

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 setelah mengandaskan perlawanan Singapura dengan agregat 5-3.

Sementara, Thailand melaju ke partai puncak usai menumbangkan Vietnam dengan agregat 2-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.