Sukses

Harapan dari Wapres Ma'ruf hingga Polri pada Tim Skuad Garuda di Piala AFF 2020

Ada dua hal yang disoroti Wapres Ma'ruf Amin dalam laga final Tim Skuad Garuda vs Thailand. Salah satunya stamina.

Liputan6.com, Jakarta Laga final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia Vs Timnas Thailand akan berlangsung hari ini, Rabu (29/12/2021) di National Stadium, Singapura.

Kesuksesan anak-anak asuh dari pelatih Shin Tae-Yong sampai ke babak final usai berhasil mengalahkan tim tuan rumah dengan agregat 5-3. Sementara, Thailand unggul dari Vietnam dengan skor 2-0. A

Kemenangan Tim Skuad Garuda atas Timnas Singapura tersebut membuat tak sedikit tokoh negeri yang menggantungkan harapan kepada para pemain muda di bawah asuhan pelatih Shin Tae-Yong. 

Salah satunya datang dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dia berharap Timnas Indonesia bisa menang dalam laga Final Piala AFF 2020 leg pertama.

Seperti diketahui, pertemuan Indonesia dan Thailand di final Piala AFF menjadi pertemuan keempat kalinya. Dari pertemuan tersebut, Tim Skuad Garuda harus mengakui ketangguhan para pemain di bawah asuhan pelatih Alexandre Polking.

Selain Wapres Ma'ruf Amin, harapan agar Timnas bisa menang di Piala AFF 2020 diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Mudah-mudahan kita menang lah paling tidak (skor) 2-1," ucap Riza. 

Berikut sederet harapan tokoh negeri, dari Ma'ruf Amin hingga Polri untuk laga final Piala AFF 2020 antara Tim Skuad Garuda Vs Timnas Thailand dihimpun Liputan6.com: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ma'ruf Amin Minta Timnas Indonesia Tingkatkan Stamina

Selain berharap Timnas Indonesia bisa memenangkan pertandingan melawan Thailand, Wapres Ma'ruf mengingatkan sejumlah hal yang harus dibenahi Timnas Indonesia dalam laga Final Piala AFF 2020 nanti, salah satunya stamina.

"Memang ada dua hal menurut saya yang perlu dibenahi. Satu itu staminanya harus diperkuat, staminanya kalau bermain full 90 menit itu jangan sampai ada perubahan, itu saya kira yang harus didorong," kata Ma'ruf, Rabu (29/12/2021).

Yang kedua, lanjut dia, adalah kecepatan para pemain Timnas Indonesia juga harus dibenahi.

"Dua hal ini dibenahi, saya kira kita akan jauh lebih baik," ungkap Ma'ruf.

Ma'ruf memandang, permainan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sudah baik. Hal ini terlihat dari laga sebelumnya melawan Singapura.

"Dari segi teknik permainan bagus sekali, serangan-serangan, kemudian bagaimana dia menyerang, kemudian dia bisa bertahan, itu sudah (baik)," kata dia.

"Kalau permainan seperti itu, potensi kita memenangkan pertandingan (besar)," Sambungnya.

3 dari 5 halaman

2. Wagub Riza Berharap Timnas Menang 2-1

Poltikus Gerindra tersebut juga mengharapkan Indonesia dapat menang melawan Negeri Gajah Putih.

"Mudah-mudahan kita menang lah paling tidak (skor) 2-1," ucap dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Tak lupa Riza pun mengingatkan masyarakat agar menyaksikan perhelatan final Piala AFF Indonesia melawan Thailand di rumah masing-masing.

"Nonton diperbolehkan cuma kami minta kalau bisa nonton di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

4 dari 5 halaman

3. Brigjen Pol Rusdi Hartono: Semoga Indonesia Juara

Sebelumnya, Polri mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam mendukung Indonesia dalam perhelatan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Thailand yang akan digelar Rabu malam ini. Terlebih kondisi terkini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Rusdi Hartono menyampaikan, munculnya varian Covid-19 Omicron membuat masyarakat mesti tetap waspada dan tetap menghindari kerumunan.

"Di rumah saja, hindari kerumunan-kerumunan dari nonton bareng itu sendiri. Ketika muncul kerumunan maka semakin resisten penularan Covid-19," tutur Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dia pun berharap di Piala AFF 2020 kali ini, Indonesia bisa menjadi juara.

"Mudah-mudahan di Piala AFF kali ini Indonesia bisa menjadi juara," kata Rusdi.

5 dari 5 halaman

4. Menpora Yakin Timnas Indonesia Bisa Ladeni Thailand

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa meladeni Thailand pada final Piala AFF 2020. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong sudah menunjukkan kualitas dengan melaju ke partai puncak.

Leg pertama final Piala AFF 2020 berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021). Menurut Menpora, kedua tim yang bertarung di final memiliki kekuatan setara.

"Bagi saya tim yang sudah masuk ke final adalah tim berkualitas, semuanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang akan ditentukan dan dilihat langsung di lapangan," kata Zainudin Amali dilansir situs resmi Kemenpora.

Thailand merupakan kekuatan dominan di Asia Tenggara. Namun, Menpora menilai hal tersebut bukan berarti Timnas Indonesia mudah dikalahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.