Sukses

Final Piala AFF, Wagub DKI Jakarta Harap Indonesia Menang 2-1

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat agar menyaksikan perhelatan final Piala AFF Indonesia melawan Thailand di rumah masing-masing.

"Nonton diperbolehkan cuma kami minta kalau bisa nonton di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Poltikus Gerindra tersebut juga mengharapkan Indonesia dapat menang melawan Negeri Gajah Putih. "Mudah-mudahan kita menang lah paling tidak (skor) 2-1," ucap dia.

Sebelumnya, Polri mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam mendukung Indonesia dalam perhelatan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Thailand yang akan digelar Rabu malam ini. Terlebih kondisi terkini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Rusdi Hartono menyampaikan, munculnya varian Covid-19 Omicron membuat masyarakat mesti tetap waspada dan tetap menghindari kerumunan.

"Di rumah saja, hindari kerumunan-kerumunan dari nonton bareng itu sendiri. Ketika muncul kerumunan maka semakin resisten penularan Covid-19," tutur Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dia pun berharap di Piala AFF 2020 kali ini, Indonesia bisa menjadi juara.

2 dari 3 halaman

Menpora Yakin Timnas Indonesia Bisa Ladeni Thailand di Final Piala AFF 2020

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa meladeni Thailand pada final Piala AFF 2020. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong sudah menunjukkan kualitas dengan melaju ke partai puncak.

Leg pertama final Piala AFF 2020 berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021). Menurut Menpora, kedua tim yang bertarung di final memiliki kekuatan setara.

"Bagi saya tim yang sudah masuk ke final adalah tim berkualitas, semuanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang akan ditentukan dan dilihat langsung di lapangan," kata Zainudin Amali dilansir situs resmi Kemenpora.

Thailand merupakan kekuatan dominan di Asia Tenggara. Namun, Menpora menilai hal tersebut bukan berarti Timnas Indonesia mudah dikalahkan.

"Beberapa tahun terakhir kita tahu Thailand memang mendominasi persepakbolaan di Asia Tenggara, tapi penting diingat Indonesia bukan tim sembarangan," tegas Menpora.

 

3 dari 3 halaman

Optimisme Menpora

Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 usai menyingkirkan tuan rumah Singapura di semifinal. Tim Merah Putih menang agregat 5-3. Sementara Thailand mengunci tiket partai pamungkas dengan membungkam juara bertahan Vietnam lewat agregat 2-0.

"Lolosnya Timnas Indonesia ke final berarti sudah melalui rintangan dan hadangan dari tim negara ASEAN lainnya, meskipun sebelumnya tidak banyak yang mengunggulkan Timnas Indonesia," kata Menpora.

"Bahkan ada tim dari negara peserta lainnya meremehkan kekuatan timnas kita. Tapi semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari pelatih Shin Tae-yong dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura," tambahnya.

Setelah partai pertama, Indonesia dan Thailand melakoni partai penentu di tempat sama pada Sabtu (1/1/2022).

"Saya tetap optimis Timnas kita bisa meladeni Thailand. Saya percaya pemain kita akan membuktikan kualitas mereka dengan panduan pelatih Shin Tae-yong yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional," kata Menpora Amali.