Sukses

Natal 2021, Pesan Damai BNN dalam Menekan Penyalahgunaan Narkoba

Perang melawan narkotika harus dilakukan dengan serius meski di tengah tantangan pandemi yang sudah berlangsung sejak 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melaksanakan perayaan Natal 2021 dengan membawa tema Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan, Selasa 28 Desember 2021. Peringatan Natal ini mengandung makna kasih, pengorbanan, pengharapan, dan pesan damai untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala BNN Petrus Reinhard Golose menyampaikan harapannya, dengan makna Natal, di samping membawa terang juga meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Indonesia.

Ia juga menekankan, perang melawan narkotika harus dilakukan dengan serius meski di tengah tantangan pandemi yang sudah berlangsung sejak 2020. Fakta yang cukup memprihatinkan adalah meski di tengah pandemi, namun prevalensi penyalahgunaan narkotika malah mengalami peningkatan sebanyak 0,15%.

“Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk menekan peredaran gelap narkotika dengan makna Natal, membawa pesan damai bagi negara kita,” ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/12/2021).

Ketika disinggung tentang pentingnya rehabilitasi, Petrus mengatakan hunian lapas begitu tinggi sehingga pemerintah, dalam hal ini BNN sedang membahas amandemen Undang-Undang Nomor 35, sehingga para penyalah guna narkotika bisa direhabilitasi sesuai syarat tertentu. Karena itu diperlukan kerja sama antara lembaga, kementerian, dan pemda dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa.

“Ini harus Kita lakukan, karena penyalah guna narkotika harus diselamatkan. Rehabilitasi bukan satu-satunya, tapi salah satu jalan terbaik sehingga meminimalisir. Mereka punya hak untuk hidup dan berkembang, dan hak untuk menikmati baik masa mudanya namun tetap dengan pengawasan,” imbuh Petrus Reinhard Golose.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan Pemberantasan Narkoba

Dalam upaya pemberantasan narkotika, Petrus juga mengatakan tantangan saat ini adalah jaringan sindikat yang berasal dari Golden Triangle dan Golden Crescent. Sementara itu, untuk saat ini belum terdeteksi narkotika yang masuk dari wilayah Amerika Selatan. Meski demikian, ketika nanti jalur penerbangan sudah dibuka, Indonesia harus lebih meningkatkan operasi dalam rangka mencegah masuknya kokain.

Di akhir sambutannya, Ia mengajak seluruh jajarannya untuk saling menolong antar sesama manusia dengan kasih yang tulus dan senantiasa berbuat kebaikan, kebenaran dan keadilan.

“Tebarkan benih kasih di manapun kita berada sambil kita hidup dalam kebenaran dan keadilan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab kita terlebih kita di BNN RI yang tugasnya adalah menyelamatkan orang dan memberikan harapan kepada orang-orang yang walaupun sudah terpapar narkotika,” imbau Petrus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.