Sukses

Gelar Adat Lewat Upacara Gawi

Warga Lampung bermarga Bunga Mayang Sungkai memandang perjalanan hidup seseorang baru sempurna bila melakukan gawi. Tak semua warga Mayang Sungkai bisa menggelar upacara ini.

Liputan6.com, Lampung: Bagi masyarakat adat Lampung bermarga Bunga Mayang Sungkai, perjalanan hidup seseorang tak lengkap bila belum melakukan gawi. Prosesi untuk mendapatkan gelar adat ini adalah syarat mutlak untuk masuk ke dalam marga setempat. Demikian hasil pantauan SCTV di Lampung, baru-baru ini.

Upacara gawi biasanya berlangsung selama 10 hari. Namun demikian, para tamu, tokoh adat, dan masyarakat, baru berdatangan di tiga hari terakhir hingga puncak acara. Para tamu yang datang biasanya membawa berbagai bentuk persembahan, seperti kerbau dan sapi, uang ataupun telur. Lamanya upacara serta banyaknya tamu yang diundang membuat prosesi ini tak bisa dilakukan sembarang orang. Upacara gawi biasanya digelar masyarakat yang berekonomi mapan.(ICH/Bisri Merduani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini