Sukses

Perkampungan Betawi Setu Babakan Raih Juara Kategori CHSE dari Kemenparekraf

Iwan menjelaskan perkampungan Budaya Betawi ini telah mengikuti seleksi secara bertahap dari masuk nominasi 300 besar.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyatakan perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan berhasil memperoleh juara 1 untuk kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability) dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diikuti sebanyak 1.831 desa wisata di Indonesia.

"Kami sangat bersyukur, bahwa pada kategori CHSE ini, perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau dalam nominasi disebut Desa Wisata Kampung Betawi ini berada pada peringkat pertama mengungguli 50 Desa Wisata Terbaik lainnya," kata Henry dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Kata dia, terdapat tujuh kategori penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yaitu, daya tarik wisata, homestay, toilet, suvenir, desa digital dan konten kreatif.

Iwan menjelaskan perkampungan Budaya Betawi ini telah mengikuti seleksi secara bertahap dari masuk nominasi 300 besar.

Kemudian tahap berikutnya diperoleh 100 besar hingga akhirnya terpilih 50 besar Desa Wisata Terbaik dan dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat, baik dari SKPD, jajaran aparat tingkat kelurahan hingga walikota, terutama komponan masyarakat sekitar yang telah membantu mewujudkan hasil ini bersama-sama," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Gubernur Anies

Sementara itu, dia menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut mengapresiasi pencapaian tersebut.

"Beliau (gubernur) sangat bangga dan mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi atas hasil yang dicapai, khususnya di jajaran Unit Pengelola Pusat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.