Sukses

Gunung Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Akan Tinjau Langsung Lokasi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berencana akan meninjau lokasi bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu malam ini (4/12/2021). Hal itu disampaikan lewat akun Instagram pribadinya @khofifah.ip.

Khofifah juga mengharapkan doa keselamatan bagi warga yang berada di sekitar Gunung Semeru.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," ujar Khofifah, Sabtu (4/12/2021).

Mantan Menteri Sosial itu juga mengimbau warga yang berada di sekitar lereng Gunung Semeru untuk segera mengungsi dari sana.

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," tulis Khofifah.

Dalam video yang juga diunggah Khofifah menunjukkan awan kelabu membumbung tinggi menyelimuti Gunung Semeru di Jawa Timur. Awan itu menutupi seluruh badan dan puncak gunung seakan menelan seluruh gunung.

Tampak dalam video, anak-anak dan warga berlarian untuk menjauh dari gunung.

"Ya Allah, Ya Allah...Allah...Ya Allah," sebut salah seorang dalam video tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Minta Warga Evakuasi

Sebelumnya, Khofifah meminta warga di sekitar Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke lokasi yang aman. Hal itu menyusul kejadian erupsi yang terjadi di gunung berapi tersebut pada Sabtu (4/12/2021).

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," imbaunya lewat akun Instagram pribadi Khofifah, Sabtu (4/12/2021).

Khofifah memastikan BPBD Provinsi Jawa Timur sudah dikerahkan ke lokasi. Ia juga mengatakan akan ke lokasi pada Sabtu malam ini.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insyaallah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," kata Khofifah.