Sukses

Kunjungan ke Jawa Timur, Jokowi Akan Resmikan Bendungan dan Tanam Padi

Di Kabupaten Trenggalek, dia dijadwalkan untuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Selasa (30/11/2021). Jokowi diagendakan meresmikan dua bendungan di Jawa Timur dan memanam padi bersama para petani.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bersama rombongan bertolak menuju Provinsi Jawa Timur, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.00 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Kabupaten Trenggalek, dia dijadwalkan untuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng. Setelah itu, Jokowi juga akan melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Usai kegiatan penanaman padi, Jokowi direncanakan langsung kembali ke Kabupaten Magetan, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. Dia bersama rombongan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, melalui Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan sepuluh bendungan dapat segera diresmikan dalam waktu dekat. Adapun sepuluh bendungan ini merupakan bagian dari 17 bendungan yang pembangunannya ditargetkan rampung tahun ini.

"Sepuluh bendungan diharapkan segera diresmikan dalam waktu dekat," kata Jokowi melalui akun Instagram @jokowi, Rabu 8 September 2021.

Sepuluh bendungan tersebut antara lain, Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat (NTB), Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat.

Kemudian, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bandungan Pidekso di Jawa Tengah, serta Bendungan Margatiga di Lampung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Sumber Air

Jokowi menyampaikan bendungan-bendungan tersebut akan menjadi sumber air jaringan irigasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Selain itu, bendungan akan menjadi pemasok air bersih, sumber tenaga listrik, dan pengendali banjir," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.