Sukses

Anies Baswedan Tegaskan Venue Formula E Jakarta Tak Diputuskan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa penentuan venue untuk ajang balap mobil listrik atau Formula E di Ibu Kota tidak diputuskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal itu sekaligus menampik pernyataan Co-Founder Formula E, Alberto Longo yang mengatakan bahwa venue balap mobil listrik di Jakarta itu akan ditentukan oleh Presiden Jokowi. Keputusan itu akan diumumkan sebelum Natal 2021.

"Enggak ada. Loh masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden," kata Anies di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Anies Baswedan menyampaikan bahwa penentuan venue Formula E di Jakarta dilakukan oleh tiga pihak.

"Ya FEO (Formula E Operations), IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Jakpro (PT Jakarta Propertindo). Tiga itu," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, Pemprov DKI tengah meminta IMI untuk meluruskan kabar tentang penentuan venue Formula E akan diputuskan Jokowi.

"Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden," ucap Anies Baswedan.

2 dari 2 halaman

Beda Respons Wagub DKI Ariza Patria

Pernyataan Anies berbeda dengan respons Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di hari yang sama. Ariza Patria justru menyambut baik keterlibatan pemerintah pusat dalam ajang  Formula E di Jakarta.

Hal itu menyusul rencana penentuan titik venue Formula E yang akan diputuskan Presiden Jokowi. Riza mengatakan, gelaran ini bukan hanya tentang Jakarta, tapi lebih luas lagi menyangkut nama Indonesia di mata dunia.

"Ya memang kalau ada keinginan pemerintah pusat untuk terlibat aktif tentu kami sangat senang dan bersyukur. Itu artinya pemerintah pusat memberi perhatian yang lebih, perhatian yang baik kepada penyelenggaraan karena ini tidak hanya menyangkut nama baik Kota Jakarta tapi sesungguhnya juga ini menyangkut nama Indonesia," katanya di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

"Tentunya Bapak Presiden memberi perhatian yang baik kami berterima kasih dan bersyukur," sambung dia.

Dia mengharapkan titik venue ajang balap mobil listrik atau Formula E yang rencananya akan ditunjuk oleh Presiden Jokowi dapat dipilih tempat yang terbaik bagi kepentingan semua pihak. Mengenai kriteria tempat, Riza menyerahkan hal itu kepada ketentuan yang ada.

"Terkait nanti titik mana yang ditunjuk, kami serahkan kepada aturan dan ketentuan yang ada, yang sudah diatur oleh pihak Formula E. Semua ada syarat yang harus dipenuhi. Tentu harapan kita tempat yang ditunjuk nanti tempat yang terbaik bagi kepentingan semua," kata Riza.