Sukses

Hela Nafas Jokowi Saat Investasi Ratusan Triliun Lelet Dieksekusi Pertamina

Jokowi menilai, Pertamina terlalu banyak alasan. Pasalnya realisasi nilai investasi masuk tidak sebanding dengan permintaan fasilitas Pertamina terhadap pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai Pertamina lelet, saat tawaran investasi bernilai ratusan triliun datang. Padahal melalui beleid Cipta Kerja, Jokowi ingin hal tersebut tak lagi terjadi.

"Yang saya inginkan, keterbukaan UU Cipta Kerja, saya beri contoh Pertamina misalnya, sudah bertahun-tahun yang namanya Rosneft itu di Tuban ingin investasi, saya ngerti. Rosnef ingin cepat tapi kita tidak pengin cepat, ini investasi yang gede sekali Rp 168 T, tapi realisasi baru Rp 5,8 T," kata Jokowi sambil menghela nafas, dalam rapat pengarahan yang disiarkan di kanal Youtube Sekeretariat Presiden, Sabtu (20/11/2021).

Jokowi menilai, Pertamina terlalu banyak alasan. Pasalnya realisasi nilai investasi masuk tidak sebanding dengan permintaan fasilitas Pertamina terhadap pemerintah.

"Terakhir udah alasannya ada saja, minta kereta api lah, minta jalan tol lah, baru mulai berapa persen 5 T itu, 5% aja belum ada," kritik Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Kuncinya Komunikasi

Namun Jokowi mengatakan, permintaan fasilitas Pertamina dapat disanggupi Pemerintah. Kuncinya komunikasi. Jokowi mempersilakan apa yang jadi keinginan Pertamina demi bisa mengejar target investasi Rosneft.

"Tidak ada masalah kok. Fasilitasnya seperti itu, pemerintah yang harus membangun, tidak ada masalah, sampaikan," Jokowi menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi