Sukses

Program Terdekat Dudung Abdurachman Setelah Resmi Jadi KSAD

Dudung mengaku telah memiliki program kerja untuk meningkatkan profesionalisme TNI AD.

Liputan6.com, Jakarta Dudung Abdurachman kini resmi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021). Kepada awak media, dia mengaku telah memiliki program kerja untuk meningkatkan profesionalisme TNI AD.

"Program yang terdekat saya akan melihat bagaimana peningkatan profesionalisme prajurit. kedua, saya akan melihat daerah operasi," kata dia di Istana Negara Jakarta.

Dudung berpesan, kepada prajurit matra darat yang beroperasi di Poso dan Papua akan diuji profesionalismenya.

Sebab, sesuai pesan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa masyarakat sipil harus dilindungi karena TNI adalah Kita.

"Saya akan lihat sejauh mana profesionalismenya karena di Papua adalah saudara-saudara kita semua agar diperhatikan karena jangan sampai ada pelanggaran atau menyakiti masyarakat," minta Dudung.

Usai dilantik menjadi KSAD, Dudung pun naik pangkat dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal dengan mengemban empat bintang di pundaknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmi Dilantik

Presiden Jokowi melantik Letjen Dudung Abdurrachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dudung menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang resmi menjabat Panglima TNI.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, prosesi pelantikan dimulai pada pukul 13.55 WIB. Kemudian, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono membacakan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 107 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD.

"Mengangkat Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurrachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ujar Sekretaris Militer Presiden saat membacakan Keppres.

Dudung lalu mengucapkan sumpah jabatan KSAD dimbimbing Presiden Jokowi. Dia berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan saat menjalankan tugasnya.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Dudung.

Dalam kesempatan ini, Dudung juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggk dari Letjen menjadi Jenderal. Hal ini sesuai dengan Keppres Nomor 108 TNI tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Perwira Tinggi.

"Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Dudung Abdurrachman menjadi Jenderal," tutur Sekretaris Militer Presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.