Sukses

Surpres Calon Panglima TNI Akan Dikirimkan ke DPR Siang Ini

Surpres calon Panglima TNI akan dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Liputan6.com, Jakarta - Surat Presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI rencananya diserahkan ke DPR hari ini. Surpres akan dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Supres panglima akan diterima Ibu Ketua DPR siang ini," kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Menurut agenda yang diterima, pimpinan DPR akan menyampaikan konferensi pers sekitar pukul 11.30 WIB.

"Siang ini ada konpers juga," kata Indra.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alis Cak Imin menyatakan, kemungkinan supres calon Panglima TNI dikirim dalam satu atau dua hari mendatang.

"Kalau lihat pensiunnya November ya, mungkin satu dua hari ini saya kira ada keputusan," ujar Muhaimin di Jakarta, Senin 1 November 2021.

Saat ini, dia mengaku belum mengetahui siapa calon panglima TNI yang ditunjuk. Meski nama KSAD Jendral Andika Perkasa kerap disebut, Muhaimin mengaku tak mau berspekulasi. "Mungkin saja, tapi saya tidak bisa menafsirkan, tapi saya belum tahu persis," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menanti Pilihan Jokowi soal Calon Panglima TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahanto akan memasuki masa pensiunnya pada November 2021. Meski masa jabatannya baru berakhir di bulan Desember 2021, Namun Hadi akan berusia 58 Tahun di Bulan November nanti.

Sebagaimana termuat Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, usia pensiun paling tinggi bagi Perwira adalah 58 Tahun.

"Akan ada suksesi Panglima TNI Pak Hadi Tjahjanto, yang pensiun pada tanggal 9 November nanti, artinya diharapkan sebelum tanggal 9 November TNI sudah punya Panglima yang baru, walaupun saya katakan secara de jure bahwa Panglima TNI akan pensiun pada tanggal 1 Desember 2021 nanti," kata Pimpinan DPR Lodewijk F Paulus di Kompleks parlemen Senayan, Selasa 5 Oktober 2021.

Sementara itu, Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengatakan bahwa surpres calon Panglima TNI akan dikirim secepatnya ke DPR. dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Ketua DPR RI Puan Maharani terkait surpres pengganti Panglima TNI.

"Tadi kami juga sudah koordinasi dengan ibu ketua DPR untuk pengusulan surat panglima itu, yang jelas kita akan lakukan secepatnya dan ada waktu bagi DPR," ujar Pratikno kepada wartawan, Rabu 29 Oktober 2021.

Saat ini ada dua nama yang menjadi kandidat kuat pengganti Hadi Tjahjanto. Mereka adalah, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

3 dari 3 halaman

Siapa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.