Sukses

Profil Sudi Silalahi, Menteri Dua Periode Era SBY yang Meninggal Dunia

Jansen Sitindaon mengonfirmasi kabar duka Sudi Silalahi, sosok yang dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui cuitan di Twitter pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi meninggal dunia pada Senin 25 Oktober 2021. Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengonfirmasi kabar duka sosok yang dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, melalui cuitan di Twitter pribadinya.

"Mendapat berita duka cita, telah meninggal Bapak Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD (25 Oktober) karena sakit," tulis Jansen, Selasa (26/10/2021).

Sejenak mengingat sosok almarhum, dikutip dari berbagai sumber, tercatat Sudi adalah pensiunan jenderal TNI bintang tiga dengan karir moncer di pemerintahan pada zaman Presiden SBY.

Selama 10 tahun kepemimpinannya, SBY mempercayakan posisi strategis kepada Sudi.

Tercatat, pada lima tahun pertama SBY, Sudi menjabat sebagai sekretaris kabinet (2004-2009).

Usai kembali terpilih, Sudi pun masih duduk di pemerintahan. SBY pun mempercayakan jabatan menteri sekretaris negara (2009-2014).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karir Militer

Bahkan, sebelum menjadi menteri, Sudi sempat menjadi sekretaris SBY saat menjabat Menko Polkam di era kepemimpinan Presiden Megawati.

Karir di militer pun tak kalah moncer. Sebagai purnawirawan bintang tiga, Sudi menduduki sejumlah jabatan strategis setelah lulus dari AKBRI tahun 1972.

Mulai dari Wakil Assospol Kasospol ABRI, Kepala Staf Kodam Jaya hingga Pangdam V Brawijaya di Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.