Sukses

Top 3 News: Saat KPK Jaring Bupati Musi Banyuasin Lewat Operasi Senyap

Liputan6.com, Jakarta Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka suap terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemkab Muba. Dia diduga dijanjikan uang Rp 2,6 miliar untu mendapatkan empat proyek di Pemkab Muba. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Sabtu 16 Oktober 2021.

Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Dodi terjadi pada Jumat, 15 Oktober kemarin. Dia diamankan di sebuah loby hotel di Jakarta.

Bahkan dari tangan putra mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ini, KPK turut mengamankan Rp 1,5 miliar dari tangan ajudannya. 

Selain Dodi Reza, KPK juga mengamankan tujuh orang lainnya. Empat di antaranya kini telah jadi tersangka, sementara lainnya masih berstatus saksi. Dugaan adanya suap yang diterima Dodi berawal dari laporan masyarakat.

Berita terpouler lainnya terkait pelanggaran PPKM yang dilakukan kafe dan bar Holywings di Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan. Hingga melebih waktu yang ditetapkan, kafe dan bar Holywings tetap melayani para tamu yang datang meski sesuai ketentuan hanya boleh beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Menurut keterangan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, saat pihaknya melakukan penggerebekan ada sekitar 200 sampai 250 orang di dalam bar. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 16 Oktober 2021:

2 dari 4 halaman

1. Kronologi KPK Tangkap Tangan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat 15 Oktober 2021 malam.

Selain Dodi Reza, KPK juga mengamankan 7 orang lainnya. Ketujuh orang tersebut yakni, Kadis PUPR Kabupaten Musi Banyuasin Herman Mayori (HM), Kabid SDA/PPK Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin Eddi Umari (EU), dan Direktur PT Selaras Simpati Nusantara Suhandy (SUH).

Kemudian Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin Irfan alias IF, ajudan bupati Mursyid alias MRD, staf ahli bupati Badruzzaman alias BRZ, dan Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR berinisial Ach Fadly alias AF.

Penangkapan terhadap Dodi Reza dan tujuh orang lainnya dilakukan KPK lantaran menerima informasi dari masyatakat akan adanya dugaan penerimaan sejumlah uang Dodi Reza.

Alex mengatakan, usai menerima informasi tersebut tim penindakan langsung bergerak cepat. Tim penindakan mengecek data transaksi perbankan yang kemudian ditemukan informasi adanya transfer uang yang diduga berasal dari perusahaan milik Suhandy kepada rekening bank milik salah satu keluarga Eddi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Polda Metro dan Satpol PP DKI Jakarta Gerebek Holywings di Tebet

Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Satpol PP DKI Jakarta menggerebek kafe dan bar Holywings di Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (16/10/2021) dini hari.

Penggerebekan dilakukan lantaran Holywings Tebet melampaui batasan jam operasional sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Hasil kegiatan dalam patroli skala besar masih ada tempat yang tidak mematuhi aturan yaitu melebihi pukul 00.00 WIB," kata Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Sesuai kebijakan PPKM Level 3 di DKI Jakarta, jenis usaha kafe, restoran, dan bar diperbolehkan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Saat petugas kepolisian dan Satpol PP mendatangi Holywings Tebet pada pukul 24.20 WIB, ditemukan masih ada seratus orang lebih yang masih berkerumun.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. KPK Gelar OTT di Musi Banyuasin Sumsel

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang menjadi sasaran.

"Benar, Jumat (15/10/2021), tim KPK berhasil mengamankan beberapa pihak dalam kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi di wilayah Sumatera Selatan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (16/10/2021) pagi.

Diduga, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin turut terjaring dalam operasi senyap tim penindakan KPK. Menurut Ali, para pihak yang diamankan tengah menjalani pemeriksaan awal.

"Saat ini, para pihak yang ditangkap dan diamankan tersebut, masih dalam proses permintaan keterangan oleh tim KPK," kata Ali.

 

Selengkapnya...