Sukses

Anies Bangun Kampung Susun Kunir di Tamansari untuk Warga yang Digusur Ahok

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membangun Kampung Susun Kunir, Pinangsia, Jakarta Barat yang pernah digusur oleh Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 2015 silam.

Kata Anies, nantinya kampung susun tersebut akan ditempati oleh 33 kepala keluarga (KK). Kampung susun Kunir berlokasi tak jauh dari kawasan Kota Tua.

"Alhamdulillah hari ini tanggal 14 Oktober Insyaallah bapak ibu sekalian segera akan bisa tinggal di rumah yang layak di tempat ini," kata Anies, Kamis (14/10/2021).

Anies menuturkan bahwa, pada 2018 terdapat 33 KK di kawasan itu yang tinggal di bedeng usai dilakukan penggusuran. Lalu shelter pun dibangun dan digunakan oleh para warga.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan, rancangan Kampung Susun Kunir bisa dijadikan sebagai tempat produktif yang dapat menghasilkan sesuatu.

"Ketika proses ini semua sudah selesai bersiaplah untuk menjaga paguyuban mulai dari sekarang paguyuban dijaga ini ada 33 KK bergabung dalam sebuah koperasi yang akur yang rukun sampai nanti pembagian ruang juga begitu," papar dia.

 

2 dari 2 halaman

Berharap Pembangunan Sesuai Target

Selain itu, Anies mengharapkan pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu dengan kualitas yang baik.

"Jadi harapannya nanti tuntas sesuai jadwal, kualitas baik, dan biayanya sesuai dengan rencananya," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan janjinya mulai dilunasi dengan adanya pencanangan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jatinegara, Jakarta Timur.

Nantinya, kampung susun tersebut akan diperuntukkan bagi warga Bukit Duri yang menjadi korban penggusuran pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.