Sukses

Wagub DKI Jakarta: Revitalisasi Monas Tetap Berjalan Meskipun Tak Ada Formula E

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan revitalisasi kawasan Monas akan tetap dilakukan meskipun balap mobil listrik atau Formula E tidak diselenggarakan di kawasan tersebut. 

Riza menyebut revitalisasi Monas merupakan kegiatan yang terpisah dari penyelenggaraan Formula E.

"Monas itu tetap kita revitalisasi, ada atau tidak ada Formula E. Pemprov DKI terus mempercantik, merevitalisasi Monas," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/10/2021) malam. 

Sementara itu, dia menyatakan alasan tak jadi menggunakan kawasan Monas, Jakarta Pusat untuk dijadikan lintasan balap mobil listrik atau Formula E. Riza menyebut untuk kawasan Monas terkendala perizinan pemerintah pusat.

"Di Monas itu kan ring 1, dari pemerintah pusat belum memungkinkan di situ," ucapnya. 

Karena hal itu, kata dia, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penanggungjawab penyelenggaraan Formula E mempertimbangkan lima lokasi alternatif. Salah satunya yakni di kawasan Pantai Maju Bersama di Pulau Reklamasi, Jakarta Utara. 

Kendati begitu, Riza masih enggan membocorkan lokasi alternatif lainnya yang akan disurvei oleh Formula E Operation (FEO). 

"Tempat lainnya mohon maaf saya belum bisa menyampaikan, kita menunggulah, kalau sekarang sudah disampaikan jadi ramai, nanti kalau jadi ramai malah jadi sulit ya," ucapnya. 

 

2 dari 2 halaman

Lima Lokasi Alternatif

Sebelumnya, Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko menyatakan terdapat lima lokasi alternatif penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E di Jakarta. Namun dari lima venue tersebut tidak ada lintasan Monas. 

"Venue yang jelas bukan di Monas, itu aja cluenya. Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan, jadi kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta. Banyak ada 5 alternatif," kata Gunung di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/10/2021). 

Dia menjelaskan nantinya lima venue alternatif tersebut akan disampaikan kepada Formula E Operations (FEO). Nantinya lokasi tersebut akan dilakukan survei terlebih dahulu.