Sukses

Disdik DKI Jakarta: Pelaksanaan PTM Terbatas 1.509 Sekolah Dimulai 1 Oktober

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja menyatakan, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sebanyak 1.509 sekolah akan diselenggarakan pada 1 Oktober 2021.

Kata dia, penundaan tersebut adanya proses asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) untuk jenjang SMA.

"Artinya yang 899 sekolah itu yang baru lulus kemarin itu yang ditetapkan oleh ibu kepala dinas berbarengan sama 610 sekolah melaksanakan PTM tanggal 1 Oktober," kata Taga saat dihubungi, Senin (27/9/2021).

Selain itu, Taga menyatakan ada penundaan sementara dalam pelaksanaan PTM terbatas di Jakarta. Meskipun ANBK dilakukan untuk jenjang SMA, penghentian sementara PTM dilakukan untuk semua jenjang pendidikan. Yakni mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA/SMK.

Alasan penundaan tersebut yakni untuk menghindari adanya kerumunan di sekitar sekolah. Sebab terdapat sejumlah sekolah dari berbagai jenjang yang saling berdekatan bahkan satu lingkungan yang sama.

"Kebijakan Dinas Pendidikan DKI Jakarta karena ANBK Assesmen Nasional Berbasis Komputer itu dari Kemendikbud Ristek menghadirkan juga perwakilan siswa ke sekolah mana khawatir terjadi kerumunan di sekolah pelaksanaan PTM terbatas itu ditunda sampai 1 Oktober 2021," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta melaporkan, ada sebanyak 1.509 sekolah di wilayahnya yang siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai besok, Senin (27/9/2021).

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 2 halaman

SK PTM Terbatas

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 984 Tahun 2021 tentang penetapan satuan pendidikan yang melaksanakan PTM Terbatas tahap II pada masa PPKM.

"Menetapkan satuan pendidikan yang melaksanakan PTM campuran tahap II pada masa PPKM," bunyi kutipan surat keputusan yang diteken Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana.

Dalam SK tersebut terdapat penambahan 899 sekolah yang bakal dibuka mulai Senin besok. Rinciannya, sebanyak 809 sekolah umum dari tingkat TK hingga SMA dan SMK, serta 90 madrasah mulai tingkat RA sampai MA.

Ratusan sekolah tersebut, menambah 610 sekolah yang sebelumnya sudah menggelar PTM Terbatas tahap I sejak 30 Agustus 2021 lalu.

Dengan penambahan ini, maka total ada 1.509 sekolah di ibu kota yang bakal dibuka untuk PTM Terbatas. "Waktu pelaksanaan PTM Terbatas campuran tahap II pada masa PPKM dimulai tanggal 27 September dengan evaluasi secara berkala," tulis surat tersebut.