Sukses

Baleg DPR Baidowi Sebut Pengelolaan Dana Desa Berbasis Digital Dinilai Efektif

Achmad Baidowi atau akrab disapa Awiek mengatakan, penerapan digital atau E-Village Budgeting efektif dalam pengelolaan dana desa khususnya di Banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Achmad Baidowi atau akrab disapa Awiek mengatakan, penerapan digital atau E-Village Budgeting efektif dalam pengelolaan dana desa khususnya di Banyuwangi.

Hal ini disampaikannya saat memaparkan disertasinya yang berjudul 'Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur'. Yang bersangkutan pun resmi mendapatkan gelar Doktor dari IPDN pada Selasa 21 September 2021.

Menurutnya, penerapan digitalisasi tersebut berkorelasi terhadap berbagai variabel yang tak terbatas hanya di lingkungan internal pemerintah desa sebagai pihak yang berwenang mengelola dana desa.

"Dari sisi pengawasan, dimensi koreksi penyimpangan merupakan yang paling dominan dalam memberikan pengaruh terhadap efektifitas pengelolaan dana desa berbasis E-Village Budgeting," jelas Awiek dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Politikus PPP ini juga melihat pengetahuan akan teknologi juga paling dominan menentukan efektif tidaknya pengelolaan dana desa berbasis E-Village Budgeting.

Karenanya, untuk lebih efektif harus dilakukan peningkatan terhadap berbagai variabel pengawasan dan sejumlah indikator. "Untuk bisa berkorelasi dengan peningkatan efektivitas pengelolaan dana desa berbasis E-Village Budgeting," kata Awiek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Adapun pengujian disertasinya dilaksanakan di sidang terbuka dengan protokol kesehatan. Awiek yang mendapatkan predikat sangat memuaskan itu mengucapkan terima kasihnya.

"Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada ibu dan emak serta dan almarhum bapak dan almarhum abah," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Dana Desa