Sukses

Menko Mahfud Md dan Mendagri Tito Tinjau PLBN Sota di Merauke Papua

Mahfud Md mengatakan, PLBN akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md dan Mendagri Tito Karnavian meninjau pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (12/9/2021).

Kedatangan Mahfud Md dan Tito beserta rombongan untuk melakukan kunjungan kerja di PLBN Sota ini disambut Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Kapolres AKBP Untung Sangaji dan Forkompinda Kabupaten Merauke. Demikian dikutip dari Antara.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyampaikan selamat datang kepada Menko Polhukam bersama Mendagri dan langsung berdialog di perbatasan Timur Indonesia tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Mahfud Md mengatakan bahwa PLBN Sota sangat baik guna menjadi sarana untuk pelaksanaan ekspor dan impor segala jenis komoditi lokal.

Selain itu, sebagai objek wisata dan semua itu untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Merauke daerah paling timur Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedepankan restorative justice di PLBN

Dia mengatakan, PLBN akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dan bila sudah dibuka maka akan adanya pelintas batas antar-kedua belah negara, sehingga kemungkinan akan ada volume gangguan kamtibmas yang harus diwaspadai oleh pemerintah daerah serta TNI dan Polri.

"Restorative justice harus dikedepankan oleh aparat penegak hukum di Republik Indonesia dalam menjalankan tugas di PLBN tersebut," ujar dia.

Dikatakan bahwa PLBN Sota ini harus dijaga oleh pemerintah daerah kabupaten Merauke serta aparat TNI dan juga Polri karena merupakan batas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya bersama Mendagri akan melaporkan kepada Bapak Presiden RI bahwa pelaksanaan peresmian PLBN dapat di laksanakan bulan Oktober nantinya," tambah Mahfud Md.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.