Sukses

Ketua Komisi X: DBON Bakal Gairahkan Olah Raga Daerah

Dia menjelaskan DBON sangat diperlukan sehingga ada kejelasan target pembinaan olah raga prestasi di Indonesia serta tahapan untuk mencapainya.

Liputan6.com, Jakarta Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang ditandai peluncuran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) menjadi babak baru pembinaan olah raga prestasi di Tanah Air. Dengan DBON pembinaan olah raga prestasi akan lebih tertata dari pusat hingga daerah.

DBON akan membuat pembinaan olah raga di tanah air lebih terstruktur dan rapi. Tahapan capaian medali yang di berbagai ajang multievent seperti Sea Games, Asian Games, Olimpiade hingga Paralimpik bisa lebih terarah,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Dia menjelaskan DBON sangat diperlukan sehingga ada kejelasan target pembinaan olah raga prestasi di Indonesia serta tahapan untuk mencapainya. Dengan demikian, prestasi olah raga nasional tidak lagi dicapai secara kebetulan, tetapi memang muncul dari pembinaan yang tersruktur.

“Meskipun di olah raga ada unsur kejutan, seperti terlampuinya target medali di ajang Paralimpik Tokyo 2020, tetapi akan lebih baik jika capaian prestasi olah raga nasional hasil rancangan dari hulu ke hilir,” katanya.

Huda mengatakan dengan DBON pembinaan olah raga prestasi akan mempunyai prioritas tertentu. Setidaknya ada 14 cabang olahraga yang mendapatkan prioritas pembinaan di mana cabang-cabang tersebut diproyeksikan mempunyai peluang lebih besar dalam menyabet medali di ajang Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan Paralimpik.

“Prioritas pembinaan ini penting dan tepat mengingat adanya keterbatasan anggaran sehingga tidak semua cabang olah raga mendapat penanganan lebih,” katanya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Hanya Sekadar Desain

Politikus PKB ini berharap konsistensi pelaksanaan DBON di level operasinal. Jangan sampai DBON ini hanya sekadar desain bagus di atas kertas, tetapi memble di level pelaksanaan.

“Kami menilai perlu konsolidasi dan Kerjasama antara Kemenpora dan Dinas-Dinas Olah Raga di level provinsi hingga kabupaten/kota untuk mengimplementasikan desain besar olah raga di level operasional,” katanya.

Huda menilai desain besar olahaga nasional mencakup persiapan pembinaan olah raga prestasi dari hulu ke hilir ini memberikan peluang besar untuk mengairahkan ekosistem olah raga di daerah. Dengan DBON ini daerah mendapatkan peluang besar untuk menambah sarana prasana pelatihan, meningkatkan jumlah event olahraga untuk seleksi, hingga kucuran anggaran pembinaan.

“Kami berharap DBON ini benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah olah raga di seluruh pelosok Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kamis (9/9/2021) ini merupakan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38. Momentum ini menjadi istimewa karena akan dimanfaatkan untuk peluncuran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Rencananya peluncuran ini akan langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini