Sukses

Jokowi Minta Pasien Covid-19 Isoman Ditarik ke Tempat Isoter

Jokowi menilai isolasi terpusat akan menjadi kunci menekan penyebaran Covid-19 dan angka kematian.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Jawa Timur untuk segera menarik pasien Covid-19 isolasi mandiri ke lokasi isolasi terpusat (isoter). Hal ini dinilai dapat mengurangi penyebaran Covid-19 dan menekan angka kematian.

"Saya juga minta gerakan semua kapolres, dandim, danrem agar menyelesaikan, terutama yang berkaitan dengan isoter. Kurangi yang isoman (isolasi mandiri), ditarik ke isoter. Ini akan sangat mengurangi laju penyebaran," jelas Jokowi saat memberikan pengarahan ke Forkopimda Jawa Timur yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8/2021).

Dia lantas menyoroti tingginya angka kematian Covid-19 di Jawa Timur yang mencapai 7,1 persen. Jokowi mengatakan tingginya angka kematian ini disebabkan karena pasien isolasi mandiri yang tak segera dilarikan ke isoter.

"Sehingga selalu dibawa ke RS sudah dalam posisi terlambat. Saturasi sudah turun baru dibawa ke RS, terlambat. Banyak disitu," ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi menilai isolasi terpusat akan menjadi kunci menekan penyebaran Covid-19 dan angka kematian. Dengan dibawa ke isoter, maka pasien dapat segera ditangani sehingga mengurangi risiko kematian.

"Isoter benar-benar menjadi kunci, baik untuk penyebaran juga untuk menekan angka kematian. Saat dibawa RS sudah berat, ini hati-hati. Kunci-kunci seperti ini semua bupati, wali kota harus tahu, dandim kapolres harus tahu, pangdam kapolda, gubernur semua harus ngerti detail," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepatan Vaksinasi Covid-19

Di samping itu, Jokowi meminta agar percepatan program vaksinasi Covid-19 dan ketersediaan obat-obatan untuk pasien. Menurut dia, kedua hal ini juga menjadi kunci menangani pandemi Covid-19.

"Tiga ini kalo kita kerjakan, Insya Allah akan semakin turun kasus-kasus yang ada di Provinsi Jawa Timur," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Isoman

  • Isoter