Sukses

Giliran Tim Indonesia Tumbuh Bertugas Turunkan Bendera Merah Pusaka di Istana

Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh ditugaskan untuk menurunkan bendera sang saka merah putih.

Liputan6.com, Jakarta Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI di halaman Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021) akan ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera yang akan dilakukan pukul 17.00 WIB. Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh ditugaskan untuk menurunkan bendera sang saka merah putih.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nantinya diturunkan. Saat ini, perempuan kelahiran Jakarta, 18 Desember 2004 tersebut sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Garut.

Tiga orang lainnya dari tim Indonesia Tumbuh yang bertugas untuk menurunkan bendera adalah M. Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat. Ada pula Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Adapun Komandan Upacara Penurunan Bendera Pusaka adalah Kolonel Inf. Faisol Izuddin Karimi, yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1999. Pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari.

Sementara itu, Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara sore ini. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Pria kelahiran Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Indonesia Tangguh

 

Sebelumnya, Tim Indonesia Tangguh telah berhasil mengibarkan bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta, Selasa pagi tadi. Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Ardelia lahir di Tebing Tinggi pada Desember 2004. Saat ini, dia tengah menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo. Kemudian, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.