Sukses

Upacara Bendera HUT ke-76 RI, Lalu Lintas Menuju Istana Dialihkan

Dirlantas Polda menerangkan, petugas juga akan menghentikan sejenak kendaraan di persimpangan jalan pada pukul 10.17 WIB saat HUT ke-76 RI. Mereka diminta berdiri untuk menghormati upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitaran Istana Merdeka, pada Selasa (17/8/2021). Pengalihan arus lalu lintas diberlakukan saat upacara peringatan HUT ke-76 RI.

"Beberapa ruas jalan mengarah Istana kami tutup dari jam 7 pagi, kan upacara jam 10.00 WIB ya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa.

Dia menyebut, penutupan di ruas jalan mengarah ke istana sifatnya situasional.

Sambodo menerangkan, penutupan diberlakukan pada saat upacara pengibaran dan upacara penurunan bendera Merah Putih. Masyarakat diminta mencari jalur alternatif.

"Selesai upacara kenaikan bendera. Mungkin sekitar jam 11 lah, Kemudian nanti sore baru kita tutup lagi, pada saat upacara penurunan. Dan kita buka lagi selesai acara penurunan," ujar dia.

Dia menerangkan, petugas juga akan menghentikan sejenak kendaraan yang berada di persimpangan jalan pada pukul 10.17 WIB. Mereka diminta berdiri untuk menghormati upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

"Biasanya ditandai dentuman meriam ataupun sirine, maka di persimpangan-persimpangan yang ada anggota polisinya kita akan hentikan arus lalu lintasnya. Kemudian kita harapkan untuk rekan-rekan semuanya bisa berdiri dan memberikan penghormatan selama peringatan detik detik proklamasi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skenario pengalihan arus lalu lintas

Berikut skenario pengalihan arus lalu lintas:

1. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Abdul Muis yang menuju ke JI. Museum diluruskan ke JI. Majapahit atau JI. Fachrudin.

2. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Abdul Muis yang menuju ke JI. Museum diluruskan ke JI. Majapahit atau JI. Fachrudin

3. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Suryopranoto 2 menuju JI. Majapahit dialihkan ke JI. Ir. H. Juanda

4. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Ir H. Juanda 5. yang akan menuju JI. Veteran II diluruskan ke Pasar Baru

5. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Hayam Wuruk menuju JI. Majapahit dialihkan ke JI. Ir. H. Juanda

6. Arus Lalu Lintas yang dari JI. Merdeka Timur ke JI. Merdeka Utara dialihkan ke JI. Perwira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.