Sukses

Mahfud Md: Tahun Baru Islam 1 Muharram Momentum Bangkitkan Optimisme dan Kesabaran

Mahfud Md menyerukan agar momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H menjadi pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid 19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyerukan agar momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H menjadi pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid 19.

"Apa yang bisa kita ambil dari (Muharram) peristiwa hijrah nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar ke mana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar," kata Mahfud dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (10/8/2021).

Menurut Mahfud, ada tiga kategori sabar, pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin. Ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimis dan tangguh.

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," sebut alumni Pondok Pesantren Al-Mardhiyah, Pamekasan, Madura ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memupuk Kesabaran

Mahfud pun mengutip ayat tentang sabar di Surah Al-Baqarah Ayat 249. Ayat itu berbunyi, "Sekelompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," tambah Mahfud sembari menjabarkan secara detail Asbabun Nuzul atau latar belakang turunnya ayat tersebut.

"Jadi jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari kita pupuk kesabaran," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.